Language attitude of the students in English Department, Faculty of Arts and Humanities, UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Syahrul Fadlil (2019) Language attitude of the students in English Department, Faculty of Arts and Humanities, UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrul Fadlil Mubarok_A73215075.pdf

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap bahasa mahasiswa di Jurusan Sastra Inggris terhadap Bahasa Inggris yang didasarkan pada tiga kategori sikap bahasa menurut Garvin & Mathiot dalam Chaer (2014) yaitu kesetiaan bahasa, kebanggaan berbahasa, dan kesadaran norma berbahasa. Kesetiaan bahasa adalah keinginan seseorang atau masyarakat untuk mendukung bahasa, bahkan untuk mempertahankan bahasa dan untuk mencegah bahasa dari pengaruh bahasa lain, sedangkan kebanggaan bahasa adalah kepercayaan terhadap suatu bahasa yang membuat seseorang menggunakan bahasa sebagai identitas, dan kesadaran norma bahasa adalah nilai yang mendorong seseorang untuk menggunakan bahasa sesuai dengan aturan atau tata bahasa standar dalam bahasa itu, dan mendorong pengguna bahasa atau untuk menggunakan bahasa dengan sopan dan benar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 10 pernyataan yang berkaitan dengan tiga kategori sikap bahasa, yaitu kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa, dan kesadaran norma bahasa. Sampel dalam penelitian ini adalah 42 mahasiswa Jurusan Sastra Inggris. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Ampel Surabaya. Skala likert digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur sikap yang terdiri dari lima skala. Hasil penilaian masing-masing aspek menunjukkan bahwa untuk aspek kesetiaan bahasa, nilai rata-rata dari keseluruhan mahasiswa adalah 70 atau termasuk dalam kategori baik. Untuk aspek kebanggaan bahasa, nilai rata-rata dari keseluruhan mahasiswa adalah 70, 85 atau termasuk dalam kategori baik, dan untuk aspek kesadaran norma bahasa, nilai rata-rata dari keseluruhan mahasiswa adalah 74, 92 atau termasuk dalam kategori baik. Hasil pengolahan data dari skor yang di dapatkan dari keseluruhan aspek menunjukkan sikap bahasa yang bervariasi. Setelah menghitung nilai dari total 42 responden, 11 responden atau 26,19% responden mendapatkan nilai >81%, yang berarti termasuk dalam kategori sangat baik, 23 responden atau 54,76% responden mendapatkan nilai pada kisaran 61% - 80 % atau termasuk dalam kategori baik, dan sebanyak 8 responden atau 19,04% responden mendapat nilai di kisaran 41% -60% atau termasuk dalam kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sikap bahasa mahasiswa jurusan SastraInggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Ampel Surabaya terhadap Bahasa Inggris adalah 71,80 atau termasuk dalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, Syahrul Fadlilsyahrulfadlil97@gmail.comA73215075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Raudlotulraudlotuljannah@uinsby.ac.id197810062005012004
Subjects: Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Mubarok Syahrul Fadlil
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:17
Last Modified: 11 Oct 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35908

Actions (login required)

View Item View Item