Capturing the Linguistic Landscape of Two Islamic Universities in East Java: UIN Sunan Ampel Surabaya and UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulla, Lailly Wijiati Rahmatul (2019) Capturing the Linguistic Landscape of Two Islamic Universities in East Java: UIN Sunan Ampel Surabaya and UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailly Wijiati Rahmatul Ulla_A73215105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisa linguistik landskap dari dua universitas islam di Jawa Timur yakni UIN Sunan Ampel dan UIN Maulana Malik Ibrahim. Menggunakan konsep ruang oleh Lafebre (1991), lingkungan kebahasaan akan dianalisa melalui tiga sisi konsep yakni sisi politis, sisi fisik, dan sis empiris. Studi ini dilakukan untuk menjawab tiga aspek dari linguistik landskap di universitas: bahasa apa yang paling sering muncul dipapan resmi dan tidak resmi, bagaimana kebijakan dalam membuat papan informasi di universitas, dan bagaimana perilaku siswa sebagai pembaca terhadap papan informasi kampus. Analisa data kualitatif dan kuantitatif dipilih untuk menginvestigasi data penelitian. Langkah-langkah pengumpulan data dilakukan dengan proses pengambilan foto, interview, dan penyebaran kuisioner. Kemudian, proses menganalisa data secara garis besar dilakukan dengan pengklasifikasian, pembuatan transkrip dan perhitungan data. Langkah terakhir adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara UIN Sunan Ampel dan UIN Maulana Malik Ibrahim memiliki kesamaan dalam pilihan bahasa yang paling sering muncul di papan resmi dan tidak resmi. Bahasa Indonesia menempati sebagai bahasa yang paling sering muncul, diikuti Bahasa Inggris dan terakhir dengan paling sedikit muncul adalah bahasa Arab. Hal ini menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan dalam pemilihan bahasa di papan informasi resmi mau pun tidak resmi. Sementara itu, dalam proses pembuatan papan informasi UIN Maulana Malik Ibrahim terlihat lebih ketat dalam penataan kebijakan. UIN Sunan Ampel tidak memiliki instruksi kebijakan yang jelas untuk mengelola papan multibahasa di kampus. Terakhir, perhitungan skala Likert mengenai perilaku pembaca terhadap papan petunjuk umum di kampus UIN Sunan Ampel dan UIN Maulana Malik Ibrahim menunjukkan rata-rata presentase >70% dalam merespon penggunaan bahasa asing dipapan petunjuk umum. Hal ini mengonfirmasi bahwa mahasiswa dari kedua kampus memiliki perilaku positif terhadap penggunaan bahasa asing dipapan petunjuk umum kampus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulla, Lailly Wijiati Rahmatullaillyulla97@gmail.comA73215105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohmah, Zuliatizettira@gmail.com197303032000032001
Subjects: Linguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Ulla Lailly Wijiati Rahmatul
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:51
Last Modified: 11 Oct 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item View Item