Analisis kesesuaian lahan untuk rehabilitasi Mangrove di Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syauqi, Moh Hilmi Naufal (2019) Analisis kesesuaian lahan untuk rehabilitasi Mangrove di Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Hilmi Naufal Syauqi_H04215006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecamatan Tongas merupakan salah satu Kecamatan yang mengalami penurunan vegetasi mangrove, sehingga jika mengacu pada perpres RI nomor 121 tahun 2012, maka mangrove di wilayah tongas perlu dilakukan rehabilitasi. Namun sebelum melakukan rehabilitasi perlu dilakukan analisis kesesuaian lahan untuk pertumbuhan mangrove. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode scorring berdasarkan nilai parameter yang diukur. Parameter yang diukur dalam menentukan kesesuaian lahan pada penelitian ini adalah elevasi lahan, jumlah jenis mangrove, jenis substrat, salinitas dan suhu. Secara keseluruhan nilai pengukuran seluruh parameter menunjukan kriteria yang sesuai. Hanya pada parameter elevasi lahan dan suhu yang sebagian besar tidak sesuai. Namun Pada penilaian kesesuaian lahan berdasarkan nilai seluruh parameter yang telah dihitung, seluruh stasiun pengamatan mendapatkan kriteria nilai yang sesuai. Nilai persentase kesesuaian darii seluruh stasiun tidak kurang dari 50% yang merupakan batas nilai terendah untuk lahan dikatakan sesuai. Namun lahan yang terkategorikan sebagai lahan yang sangat sesuai hanya terdapat pada beberapa lokasi yang nilai persentasenya berada diatas 75%. Berdasarkan persentase-persentase yang telah diperoleh tersebut maka dapat dikatakan bahwa pesisir Kecamatan Tongas sesuai untuk dilakukan rehabilitasi mangrove.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syauqi, Moh Hilmi Naufalnofalsyaw@gmail.comH04215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNoverma, NovermaUNSPECIFIED198111182014032002
Thesis advisorJunaidi, RahmadUNSPECIFIED198306242014031002
Subjects: Ilmu Kelautan
Lingkungan Hidup
Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Syauqi Moh Hilmi Naufal
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:51
Last Modified: 14 Oct 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35922

Actions (login required)

View Item View Item