Peningkatan hasil belajar melalui strategi pembelajaran Jigsaw materi keadaan sosial budaya masyarakat Arab pra-Islam pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III-A di MI Darun Najah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sotya, Narendra Pranala (2019) Peningkatan hasil belajar melalui strategi pembelajaran Jigsaw materi keadaan sosial budaya masyarakat Arab pra-Islam pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III-A di MI Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Narendra Pranala Sotya_D07215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran di kelas masih tergolong teacher center. Sebelumnya guru belum pernah menggunakan strategi saat mengajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Siswa sangat kurang antusias saat mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh pada nilai hasil belajar siswa yang pada pembelajaran sebelumnya ketuntasan belajarnya sebesar 39,29%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan strategi Jigsaw. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Arab pra-Islam bagi siswa kelas III-A MI Darun Najah Sukodono Sidoarjo ? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SKI materi Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Arab pra-Islam setelah diterapkan strategi pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas III-A MI Darun Najah Sukodono Sidoarjo ? . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Jigsaw dan peningkatan hasil belajar SKI pada kelas III-A MI Darun Najah Sukodono Sidoarjo materi Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Arab pra-Islam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III-A MI Darun Najah Sukodono Sidoarjo yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 83,75 (Tinggi) dan meningkat menjadi 94,35 (Sangat Tinggi) pada siklus II. Hasil nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 80,88 (Tinggi) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,04 (Sangat Tinggi). 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan strategi Jigsaw. Hasil pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 71,25 dengan persentase keberhasilan siswa 39,29% (Sangat Rendah), meningkat pada siklus I menjadi 76,42 dengan persentase keberhasilan siswa 57,14% (Sangat Rendah). Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga rata-rata meningkat menjadi 88,42 (Tinggi) dengan persentase keberhasilan sebesar 92,85% (Sangat Tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sotya, Narendra Pranalanarendrasotya10@gmail.comD07215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIED196508011992031005
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED197306062003122005
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sotya Narendra Pranala
Date Deposited: 17 Oct 2019 04:53
Last Modified: 17 Oct 2019 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35932

Actions (login required)

View Item View Item