Peningkatan kemampuan berdiri satu kaki melalui permainan tradisional Engklek pada Kelompok A di TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musfiroh, Sefiani (2019) Peningkatan kemampuan berdiri satu kaki melalui permainan tradisional Engklek pada Kelompok A di TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sefiani Musfiroh_D98214062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kesulitan anak dalam berdiri dengan satu kaki kelompok A TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah. Siswa yang tuntas dalam berdiri satu kaki hanya 40%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan permainan tradisional engklek dalam kemampuan berdiri dengan satu kaki dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berdiri dengan satu kaki melalui permainan tradisional engklek pada kelompok A di TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini mempunyai 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian pada pra siklus nilai rata-rata siswa terbilang rendah yakni 66,78 dengan prosentase 40%, hanya ada 6 siswa yang dikatakan tuntas dari 15 siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa menunjukkan peningkatan yaitu 77,74 dengan prosentase 60%, terdapat 9 siswa dikatakan tuntas dari 15 siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang didapat yaitu 89,98 dengan prosentase 80%, terdapat 12 siswa dikatakan tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan berdiri dengan satu kaki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musfiroh, Sefianis3vinaelazzam@gmail.comD98214062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSyafi'i, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Berdiri Satu Kaki; Permainan Tradisional Engklek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Musfiroh Sefiani
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:49
Last Modified: 18 Oct 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35964

Actions (login required)

View Item View Item