Peningkatan kemampuan mengenal bentuk Geometri melalui media Puzzle bentuk Geometri pada anak usia 4-5 Tahun di TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Mawaddah Nur (2019) Peningkatan kemampuan mengenal bentuk Geometri melalui media Puzzle bentuk Geometri pada anak usia 4-5 Tahun di TK Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawaddah Nur Ainiyah_D98214054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok A Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah. Siswa yang dikatakan tuntas dalam mengenal bentuk geometri hanya 20%. Masalah yang akan diteliti yakni, tentang penggunaan media puzzle bentuk geometri dan peningkatan mengenal bentuk geometri setelah menggunakan media puzzle bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media puzzle bentuk geometri dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Puzzle Bentuk Geometri Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah. Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas, dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari empat siklus, pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Penelitian ini terdapat 4 tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 2 hari dengan subjek siswa kelompok A Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Azizi 3 Pondok Chandra Indah yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa 64,1 dengan prosentase 40%, pada siklus II nilai rata-rata siswa 71,6 dan prosentase 60% dan pada siklus III nilai rata-rata siswa 76,6 dan prosentase 80%, hal itu dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan media puzzle bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Mawaddah Nurmawaddah.ainiyah@gmail.comD98214054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. BahrilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Bentuk Geometri; Media Puzzle Bentuk Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ainiyah Mawaddah Nur
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:01
Last Modified: 18 Oct 2019 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35966

Actions (login required)

View Item View Item