Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an Hadits (surah An-Nasr dan Al-Kautsar) dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zumaro, Sri Nurul Muzayyatuz (2019) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur'an Hadits (surah An-Nasr dan Al-Kautsar) dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Nurul Muzayyatuz Zumaro_D97215076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa pada Al-Qur’an Hadits materi surah An-Nasr dan Al-Kautsar masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara guru dan hasil data pra siklus menunjukkan 44% yang tuntas. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih menggunakan ceramah atau teacher center, sehingga siswa merasa jenuh, ramai, siswa berpindah-pindah tempat dan bermain sesukanya. Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 11 siswa (44%) dari 25 siswa. Dari uraian di atas, peneliti melakukan perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (surah An-Nasr dan Al-Kaustar) siswa kelas IV MI Roudlotul Huda Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits (surah An-Nasr dan Al-Kautsar) setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IV MI Roudlotul Huda Sidoarjo? Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berjalan dengan baik. Pada siklus I skor hasil observasi aktivitas guru yaitu 77,94 (cukup) dan meningkat 88,88 (baik) pada siklus II. Sedangkan skor data hasil observasi aktivitas siswa adalah 69,11 (cukup) dan meningkat menjadi 87,5 (baik) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar siswa materi surah An-Nasr dan Al-Kautsar mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus yaitu 44% (kurang sekali) meningkat menjadi 60% (cukup) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 84% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zumaro, Sri Nurul Muzayyatuznurulzumaro@gmail.comD97215076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, ZumrotulUNSPECIFIED197010151997032001
Thesis advisorBachtiyar, MachfudUNSPECIFIED197704092008011007
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zumaro Sri Nurul Muzayyatuz
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:32
Last Modified: 18 Oct 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35971

Actions (login required)

View Item View Item