KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN A. MUKTI ALI DAN AZYUMARDI AZRA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, M. Zainal (2015) KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN A. MUKTI ALI DAN AZYUMARDI AZRA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Gagasan dan program modernisasi pendidikan Islam mempunyai akarnya dalam gagasan tentang “modernisme” pemikiran dan institusi islam secara keseluruhan. Dengan kata lain, “modernisme” pendidikan Islam tidak dapat dipisahkan dengan kebangkitan gagasan dan program modernisasi islam. kerangka dasar yang berada di balik “modernisme” pemikiran dan kelembagaan islam merupakan prasyarat bagi kebangkitan kaum muslimin di masa modern. Karena itu, pemikiran dan kelembagaan Islam—termasuk pendidikan—haruslah dimodernisasi, sederhananya diperbarui sesuai “modernitas”; mempertahankan pemikiran kelembagaan islam “tradisional” hanya memperpanjang nestapa ketidakberdayaan kaum muslimin dalam berhadapan dengan kemajuan dunia medern. Pendidikan Islam menjadi salah satu perhatian A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra karena menurutnya dapat dipakai sebagai sarana transformasi masyarakat Muslim. Bagi A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra, pendidikan modern adalah pendidikan yang merupakan tempat untuk mengasah akal dan mengembangkan intelektualitas. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk meneliti bagaimana konsep modernisasi pendidikan Islam dalam perspektif A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra, dan apakah konsep tersebut masih relevan untuk diterapkan saat ini. Masalah yang diteliti adalah 1. Bagaimana Konsep Modernisasi Pendidikan Islam? 2. Bagaimana Konsep Modernisasi Pendidikan Islam yang terkandung dalam pemikiran A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra? 3. Apa persamaan dan perbedaan dari kedua pemikiran tokoh tersebut dan ditambahkan pula keunggulan serta relevansinya bagi pendidikan sekarang?
Berdasarkan jenis penelitiannya, skiripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriftif analisis, yaitu berusaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian diusahakan adanya analisis dan interpretasi atau pengisian terhadap data tersebut. Pembahasan ini merupakan pembahsan naskah, di mana datanya diperoleh malalui sumber literatur, yaitu malalui riset kepustakaan. Penelitian kepustakan bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dari buku-buku, majalah, dokumen, catatan, dan kisah-kisah sejarah lainnya.
Dari penelitian tersebut diperoleh bahwa pemikiran A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra tentang konsep modernisasi pendidikan Islam selalu berorientasi pada kemajuan. Islam is Progress adalah kata kunci yang menjadi latar belakang sekaligus kekuatan dari pemikiran yang ditampilkan A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra. Jika saat ini unsur dinamisasi menjadi faktor dominan tingkat modernitas suatu pranata sosial, termasuk di dalamnya pendidikan Islam, maka dapat disimpulkan bahwa gagasan yang dikemukakan A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra sangat relevan dengan konteks modernisasi pendidikan Islam dewasa ini Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa A. Mukti Ali dan Azyumardi Azra memiliki pandangan tersendiri tentang konsep modernisasi pendidikan Islam, namun di satu sisi keduanya juga memiliki banyak persamaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, M. ZainalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Studi Komparasi; Konsep Modernisasi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:07
Last Modified: 29 Jun 2016 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3599

Actions (login required)

View Item View Item