PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUSUNAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Fitriya (2015) PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUSUNAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI DARUNNAJAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Pemahaman adalah suatu proses konstruktivitis sosial dalam memahami berbagai teks,tidak hanya semata-mata memahami makna kata-kata dan kalimat dalam suatu teks saja, tetapi juga pemanfaatan pengetahuan pembaca yang berhubungan dengan teks yang dibacanya. Pemahaman yang efisien mempersyaratkan kemampuan pembaca menghubungkan materi teks dengan pengetahuan yang telah dimilikinya
Dalam penelitian ini di rumuskan masalah antara lain: (1) Bagaimana penerapan metode mind mapping dalam mata pelajaran IPA materi susunan bumi pada siswa kelas V MI Darunnajah Kloposepuluh? Dan (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran IPA materi susunan bumi pada siswa kelas V MI Darunnajah Kloposepuluh dengan menggunakan metode mind mapping?
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk: Untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dalam mata pelajaran IPA materi susunan bumi pada siswa kelas V MI Darunnajah Kloposepuluh,untuk menetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran IPA materi susunan bumi pada siswa kelas V MI Darunnajah Kloposepuluh dengan menggunakan metode mind mapping Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang menyatakan dalam I siklus terdapat 4 langkah yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data yang berhubungan dengan pemahaman dan aktifitas guru maupun siswa. Berdasarkan hasil observasi, penerapan metode mind mapping pada siklus I mata pelajaran IPA materi susunan bumi kelas V MI Darunnajah Kloposepuluh dilaksanakan dengan baik dan mengalami peningkatan. Dalam siklus I, dari hasil analisis hasil tes dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa adalah 67,34 yang termasuk dalam kategori cukup.. Akan tetapi indikator yang diinginkan peneliti adalah 80 sehingga diperlukan ada perbaikan, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka dilakukan siklus II. Pada kegiatan pembelajaran di siklus II dilengkapi dengan diskusi kelompok, presentasi, saling berlomba antar kelompok menjadi pemenang dan hadiah. Terjadi peningkatan kembali pada siklus II yakni 84,4 yang termasuk dalam kategori pemahaman baik. Sedangkan observasi aktivitas guru pada siklus I 76,5 dan observasi kegiatan siswa 75. Pada siklus II observasi aktivitas guru 91 sedangkan aktivitas siswa 98,3. Hal ini menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MI Darunnajah Kloposepuluh

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, FitriyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Metode Pembelajaran
Keywords: Pemahaman; IPA; Susunan Bumi; Mind Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:21
Last Modified: 29 Jun 2016 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item