Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Circ (cooperative integrated reading and composition) pada materi persamaan linier satu varibel di Kelas VII MTs Nurul Falah Sugiharjo Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Jannatur (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Circ (cooperative integrated reading and composition) pada materi persamaan linier satu varibel di Kelas VII MTs Nurul Falah Sugiharjo Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jannatur Rofiqoh_D02406053.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36044

Abstract

Pembelajaran yang terlaksana di kelas cenderung masih berpola konvensional. Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih di dominasi guru dengan belajar menghafal, sehingga siswa hanya bekerja secara prosedural dalam memahami matematika tanpa penalaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan menjawab: Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Itegrated Reading and Composition) di MTs. Nurul Falah Sugiharjo-Tuban? Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Itegrated Reading and Composition) di MTs. Nurul Falah Sugiharjo-Tuban?Bagaimana respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Jtegrated Reading and Composition) di MTs. Nurul Falah Sugiharjo-Tuban? Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Jtegrated Reading and Composition) di MTs. Nurul Falah Sugiharjo-Tuban? Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VII MTs. Nurul Falah Sugiharjo-Tuban dengan menggunakan rancangan penelitian One Shot-Case Study. Untuk memperoleh data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dilakukan pengamatan dengan menggunalan instrumen lembar pengamatan, data respon siswa diperoleh dengan memberikan lembar angket respon siswa yang telah diisi, dan data basil belajar siswa diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ( 1) Aktivitas guru dalam mengelola kelas selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Itegrated Reading and Composition) tegolong sangat baik, (2) Aktivitas siswa tergolong efektif dalam mengikuti pembelajaran, (3) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sangat positif, (4) Ketuntasan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sudah tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Jannatur-D02406053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJaelani, Abdulloh--
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif; CIRC; PLSV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:37
Last Modified: 06 Nov 2019 00:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36044

Actions (login required)

View Item View Item