Penggunaan Layanan Cooplink Mobile di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sang Surya Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bari, Abdul (2019) Penggunaan Layanan Cooplink Mobile di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sang Surya Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Bari_F02417109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan financial technology (fintech) merupakan suatu keharusan bagi lembaga keuangan dalam memperluas jangkauan masyarakat terhadap penggunaan instrumen keuangan demi meningkatkan kualitas pelayanan. Cooplink mobile adalah salah satu layanan fintech yang dibentuk koperasi Baitut Tamwil Muhammadiyah Sang Surya Pamekasan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan layanan cooplink mobile di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sang Surya Pamekasan, hambatan penggunaan layanan cooplink mobile di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sang Surya Pamekasan, serta dampak penggunaan layanan cooplink mobile di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sang Surya Pamekasan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data lewat wawancara, observasi dan dokumentasi. Data berupa penuturan informan, dokumen perusahaan, situasi atau keadaan objek yang diteliti serta bahan kepustakaan terkait tema yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan layanan cooplink mobile adalah membentuk mitra usaha, menentukan segmentasi pasar, dan proses registrasi pembukaan rekening. Hambatan penggunaan layanan cooplink mobile tingkat pengetahuan pengguna masih rendah didominasi oleh ibu-ibu, sikap penerimaan pengguna terutama kaum milenial tidak sepenuhnya mempunyai keinginan untuk mengakses digital sebagai wadah untuk menabung dan membangun bisnis, keleletan akses pada beberapa komponen transaksi pada keadaan tertentu, tingkat keamanan yang mengkhawatirkan, ketinggalan infromasi, sebagian anggota tidak percaya teknologi. Dampak penggunaan layanan cooplink mobile dapat mempermudah pekerjaan pengguna sehinga meningkatkan efektifitas kerja, memberikan manfaat karena mampu menekan biaya serta sebagai lahan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, menghemat waktu dan tenaga para pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bari, AbdulBaripremiz@gmail.comF02417109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAli, Arifinaaarifin07@gmail.com19621214993031002
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bari Abdul
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:41
Last Modified: 29 Oct 2019 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36049

Actions (login required)

View Item View Item