Analisis Maṣlaḥah Terhadap Pendapat Hakim Pengadilan Agama Pasuruan Tentang Ketentuan Isbat Talak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdulloh, Arrum 'Aisyah (2019) Analisis Maṣlaḥah Terhadap Pendapat Hakim Pengadilan Agama Pasuruan Tentang Ketentuan Isbat Talak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arrum Aisyah Abdulloh_C91215107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hakim Pengadilan Agama Pasuruan berpendapat bahwa ketentuan isbat talak sebagai solusi dari perceraian di luar pengadilan tidak diperlukan, karena perkara perceraian telah diatur dalam Undang-undangan No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pada Pasal 39 ayat (1) dan dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 115 yang menyatakan bahwa talak harus di depan sidang pengadilan. Sehingga tidak mengakui adanya perceraian di luar pengadilan.Selain itu agar tidak terjadi terjadi perilaku sewenang-wenang yang dilakukan oleh para pihak dan dengan mudah mendaftarkan isbat talaknya tersebut.Adapun hasil analisis maṣlaḥahterhadap pendapat hakim Pengadilan Agama Pasuruan yang menolak isbat talak sebagai solusi dari adanya pelaksanaan perceraian di luar pengadilan termasuk sesuai dengan konsep maṣlaḥah yaitu menjaga prinsip pokok kehidupan yang meliputi: menjaga agama (ḥifẓu al-dīni), menjaga jiwa (ḥifẓu al-nafsi), menjaga nasab (ḥifẓu al-nasli), menjaga harta (ḥifẓu al-maali).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdulloh, Arrum 'Aisyahais.arrum@gmail.comC91215107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, MuflikhatulUNSPECIFIED197004161995032002
Subjects: Hukum Islam
Talak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Abdulloh Arrum Aisyah
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:45
Last Modified: 04 Nov 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36075

Actions (login required)

View Item View Item