Peran Ekonomi Kreatif dalam mentransformasi ekonomi masyarakat perspektif Nilai Maqaṣid Shari’ah: studi Kampung Kue Rungkut Lor Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanuddin, Muhammad (2019) Peran Ekonomi Kreatif dalam mentransformasi ekonomi masyarakat perspektif Nilai Maqaṣid Shari’ah: studi Kampung Kue Rungkut Lor Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hasanuddin_G74215082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Ekonomi Kreatif dalam Mentransformasi Ekonomi Masyarakat, perspektif nilai Maqaṣid Shari’ah. Studi : Kampung Kue Rungkut Lor Surabaya”, merupakan hasil penelitian lapangan dengan tujuan untuk manjawab rumusan masalah terkait bagaimana peran ekonomi kreatif dalam mentransformasi perekonomian masyarakat di kampung kue rungkut lor Surabaya, ditinjau nilai maqaṣid shari’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi yakni dilakukan dengan mengamati dan mempelajari transformasi ekonomi yang terjadi di kampung kue, serta memahami arti yang disampaikan oleh partisipan secara mendalam. Hasil penelitian yang diperoleh memberi kesimpulan bahwa kegiatan ekonomi kreatif telah mentransformasi ekonomi di kampung kue dengan memberi pengaruh pada peningkatan pendapatan warga khususnya produsen kue hingga lebih dari 40 % dibandingkan pendapatan sebelum menjadi produsen kue atau sebelum adanya transformasi di kampung kue, bahkan beberapa dari mereka telah menjadikan aktifitas produksi kue sebagai profesi utama dan meninggalkan profesi lama. Sedangkan dalam tinjauan maqaṣid shari’ah, transformasi ekonomi telah memberi pengaruh positif bagi masyarakat. Dalam hal menjaga agama (Ḥifẓ ad-Dīn), warga menjaga toleransi antar sesama pemeluk agama maupun asal daerah yang berbeda serta meningkatnya minat warga untuk terlibat di kegiatan keagamaan kampung seperti pengajian dan jama’ah di musholla. Dalam hal menjaga jiwa (Ḥifẓ an-Nafs), warga menjaga kesehatan keluarga dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memilih asupan makanan yang bergizi. Dalam menjaga akal (Ḥifẓ al-‘Aql), dengan tidak menggunakan bahan baku berbahaya yang dapat merusak akal bagi konsumen, karena telah lolos sertifikasi halal, serta mendapat pelatihan-pelatihan dari pihak yang telah bekerjasama untuk memberikan pembelajaran berbahasa inggris, pembuatan produk kue baru, desain kemasan yang menarik, pemasaran online, dan pembinaan bisnis sehingga produsen dapat melakukan kreatifitas dan inovasi pada usaha mereka. Menjaga harta (Ḥifẓ al-Māl) dengan memperoleh rizki secara halal dari produksi yang terawasi secara shari’ah, menggunakan harta dengan bersedekah untuk pengelolaan mushola dan membagi ta’jil, membuka kegiatan ekonomi bagi pelaku ekonomi lain yang terkait seperti desainer kemasan, toko bahan baku kue, dan ojek online. Serta keamanan harta terjaga dengan baik karena kondisi kampung yang aktif 24 jam. Menjaga keturunan (Ḥifẓ an-Nasl) dengan memberikan pendidikan bagi anak mereka dimulai sejak balita melalui adanya PAUD dan TBM, anak mereka dapat menyelesaikan pendidikan sekolah hingga perguruan tinggi serta memuliakan kehormatan antar sesama dengan tidak menggosip karena kesadaran dan juga kesibukan produksi kue.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanuddin, Muhammadhasan_muhhas97@yahoo.co.idG74215082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby CandraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hasanuddin Muhammad
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:27
Last Modified: 31 Oct 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36077

Actions (login required)

View Item View Item