Analisis hukum Islam terhadap konsep keluarga sakinah menurut konselor Biro Konsultasi dan Konseling Keluarga Sakinah Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, Eko (2019) Analisis hukum Islam terhadap konsep keluarga sakinah menurut konselor Biro Konsultasi dan Konseling Keluarga Sakinah Al Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Saputro_C91215119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masjid Al-Falah Surabaya pada tahun 1994 mendirikan Biro Konsultasi dan Konseling Keluarga Sakinah Al-Falah Surabaya (BKSF), yang bertujuan memberikan fasilitas kepada umat, untuk penyelesaian berbagai masalah berdasarkan al-Qur’an dan Hadis menuju terbentuknya keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Berbagai macam konsep dan metode diharapkan akan menjadikan keluarga sakinah dan mengurangi angka perceraian di Indonesia. Namun upaya ini masih belum sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana analisis hukum Islam terhadap konsep keluarga sakinah menurut konselor Biro Konsultasi dan Konseling Keluarga Sakinah Al-Falah Surabaya (BKSF) ? Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Konsep Keluarga Sakinah Menurut Konselor Biro Konsultasi Dan Konseling Keluarga Sakinah Al-Falah Surabaya” merupakan hasil penelitian lapangan (field reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menggunakan hukum Islam. Hasil penelitian penulis dengan konselor BKSF Surabaya yaitu Prof. DR. H.M Roem, MA, KH. Agung Cahyadi, Lc, MA, Dra. Hj. Syariah Usman dan dr. Era Catur Prasetya menemukan tentang konsep dalam membangun keluarga sakinah. Adapun konsep keluarga sakinah menurut konselor BKSF Surabaya ada 3 konsep, sebagai berikut: 1) faktor Agama, 2) hak dan kewajiban suami istri, 3) saling berkomunikasi dan saling memahami. Dari hasil analisis penulis menyatakan bahwa konsep diatas sesuai dengan hukum Islam dan memenuhi 7 fungsi dalam keluarga. Diharapkan konsep diatas, dapat dijadikan pedoman dalam membangun rumah tangga yang sakinah bagi masyarakat Surabaya, khususnya klien BKSF al-Falah dan bagi masyarakat pada umumnya. Dan diharapakan juga dengan memahami konsep ini dapat mengurangi angka perceraian khususnya di Surabaya dan pada masyarakat umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, Ekoe.saputro1997@gmail.comC91215119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'unUNSPECIFIED195908081990011001
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Konsep keluarga sakinah; Biro Konsultasi; Konseling Keluarga Sakinah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Saputro Eko
Date Deposited: 29 Nov 2019 06:25
Last Modified: 17 Dec 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36098

Actions (login required)

View Item View Item