Implementasi Metode Ibrah Mau'idhoh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akhlak di Pondok Pesantren Al Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartatik, Muslimah Sri (2010) Implementasi Metode Ibrah Mau'idhoh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Akhlak di Pondok Pesantren Al Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muslimah Sri Hartatik_D01205177.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36107

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis akan membahas tentang Implementasi Metode Ibrah Mau'idhoh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak di pondok pesantren AI-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan tiga masalah berikut ini: Bagaimanakah Implementasi Metode Ibrah Mau'idhoh di Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang? Bagaimanakah Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akhlak di Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang? Bagaimanakah Implementasi Metode Ibrah Mau'idhoh dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akhlak di Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang? Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif Sedangkan untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah itu, dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Mendasar data-data basil penelitian dapat diketahui dan disimpulkan, lmplementasi metode Ibrah Mau'idhoh di Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini sangatlah baik, karena siswa disini terlibat aktif dalam pembelajaran dengan menyampaikan intisari atau mengambil pelajaran dari kisah yang disampaikan. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak dengan menggunakan metode Ibrah Mau'idhoh mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar santri semester ganjil dan genap. Implementasi metode Ibrah Mau'idhoh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akhlak, namun selain dengan menggunakan metode ini, penggunaan metode ini tentunya dikombinasikan dengan metode lain, antara Iain metode ceramah, metode kisah atau cerita karena kombinasi metode akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari pada hanya menggunakan satu metode saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartatik, Muslimah Sri--D01205177
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Ibrah Mau'idhoh; meningkatkan prestasi belajar; Pelajaran Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2019 06:37
Last Modified: 06 Nov 2019 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36107

Actions (login required)

View Item View Item