Profil kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah Matematika di Kelas X-11 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isroil, Ahmad (2010) Profil kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah Matematika di Kelas X-11 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Isroil_D34206001.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36115

Abstract

Penalaran dan pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting dalam KTSP. Salah satu cara bemalar adalah dengan menggunakan analogi. Analogi dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah, jika siswa dapat menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yanag baru. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes penalaran analogi matematika (TPAM) yang di berikan kepada 48 siswa kelas X-11 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Berdasarkan hasil TPAM siswa dikelompokan dalam 3 kelompok yaitu: kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi, kelompok kemampuan penalaran analogi sedang, dan kelompok kemampuan penalaran anlogi rendah. Untuk mengetahui proses berpikir analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika dilakukan dengan wawancara terhadap 2 siswa tiap kelompok. Hasil analisis data TPAM menunjukan bahwa dari 48 siswa yang diberi TPAM terdapat 4 siswa (8, 16 %) termasuk kelompok kemampuan penalaran analogi tinggi. 24 siswa (48,98 %) termasuk kelompok kemampuan penalaran analogi sedang, sedangkan 20 siswa (40,82 %) termasuk kelompok kemampuan penalaran analogi rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika cenderung sedang. Data hasil wawancara menunjukan bahwa siswa yang kemampuan penalaran analogi tinggi mampu melakukan setiap tahap proses berpikir analogi dengan baik. Siswa yang kemampuan penalaran analoginya sedang cenderung mengalami hambatan di beberapa langkah proses berpikir analogi, dan siswa yang kemampuan penalaran analoginya rend.ah langkah-langkah proses berpikir analogi belum dapat dilakukan dengan baik. Mengingat pentingnya kemampuan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika disarankan agar kemampuan penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika perlu ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isroil, Ahmad--D34206001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSani, Abdullah----
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Analogi; Penalaran Analogi; Pemecahan Masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:08
Last Modified: 08 Nov 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36115

Actions (login required)

View Item View Item