Peningkatan pemahaman materi perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS melalui strategi KWL (know want to know learned) pada siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nur (2011) Peningkatan pemahaman materi perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS melalui strategi KWL (know want to know learned) pada siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afifah_D06207030.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36119

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan strategi KWL (Know Want to know Learned) dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik. 2) Memaparkan taraf peningkatan pemahaman siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik terhadap materi perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi KWL (Know Want to know Learned). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 38 siswa MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2010-2011. Tindakan yang diberikan adalah strategi KWL (Know Want to /mow Learned) dengan menggunakan teknik tiga langkah yaitu: (1) Know (2) Want (3) Learned. Tindakan ini diberikan dalam dua siklus (siklus 1 dan siklus II). Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pemahaman siswa kelas IV MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik terhadap materi perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi KWL (Know Want to know Learned). Hal ini dapat diketahui dari perbandingan sebelum menggunakan strategi KWL (Know Want to know Learned) nilai rata-rata kelas siswa adalah 67.76, setelah menggunakan strategi KWL (Know Want to know Learned) nilai rata-rata dapat dijelaskan sebagai berikut: Nilai rata-rata kelas pada siklus 1 yaitu 74.47, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 80,78. Tingkat ketuntasan belajar (KKM) pada siklus 1 adalah 73.68%, sedangkan ketuntasan (KKM) pada siklus II adalah 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nur--D06207030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi KWL; Know Want to know Learned; Peningkatan Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:44
Last Modified: 08 Nov 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36119

Actions (login required)

View Item View Item