Peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa pada Materi Perubahan Lingkungan melalui metode Think Pair Share di MIN 1 Kedamean Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Uswatun (2011) Peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa pada Materi Perubahan Lingkungan melalui metode Think Pair Share di MIN 1 Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Chasanah_D06207033.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36120

Abstract

Perubahan lingkungan adalah suatu perubahan yang terjadi pada lingkungan hidup manusia yang menyebabkan adanya gangguan terhadap keseimbangan karena sebagian dari komponen lingkungan menjadi berkurang fungsinya. Rendahnya penguasaan materi dan rendahnya pemahaman tentang pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) menyebabkan basil belajar dan motivasi siswa menurun. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan setelah diterapkan metode Think Pair Share mata pelajaran IPA kelas IVB MIN 1 Kedamean Gresik. (2) Mengetahui seberapa besar motivasi siswa setelah diterapkan metode Think Pair Share pada materi perubahan lingkungan mata pelajaran IPA kelas IVB di MIN 1 Kedamean Gresik. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Kedamean Gresik kelas IVB. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB MIN I Kedamean Gresik. Data yang diperoleh berupa basil tes fonnatif, angket, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Data dianalisis dengan teknik kualitatif deskriptif untuk mengetahui hasil belajar siswa pada siklus Idan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Think Pair Share merupakan salah satu metode yang dapat membuat siswa belajar lebih mandiri, kreatif, memudahkan guru untuk melibatkan siswa menjadi aktif, dan mengoptimalkan partisipasi siswa. Metode Think Pair Share dapat meningkatkan basil belajar dan motivasi siswa kelas IVB MIN I Kedamean Gresik dibuktikan dengan hasil tes formatif siswa mengalami peningkatan pada siklus I sampai siklus II yaitu, sildus I (60,86%), siklus II (86,95%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Uswatun--D06207033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahidah, Nur----
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; motivasi; Think Pair Share
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:55
Last Modified: 08 Nov 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36120

Actions (login required)

View Item View Item