Pengaruh penggunaan metode Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa pada bidang study Fiqih di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanik, Umi (2010) Pengaruh penggunaan metode Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa pada bidang study Fiqih di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Hanik_D01206162.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36121

Abstract

Course Review Horay adalah salah satu metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode ini merupakan cara belajar mengajar yang lebih menekankan pada pemahaman materi guru dengan menyelesaikan soal-soal. Metode ini juga melatih siswa untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhimya mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode course review horay, motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa khususnya pada bidang study fiqih di Kelas X MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode course review horay pada bidang study fiqih di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang study fiqih di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan, dan (3) Adakah pengaruh metode course review horay terhadap motivasi belajar siswa pada bidang study fiqih di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menganalisis dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) penggunaan metode course review horay di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan adalah baik, (2) motivasi belajar siswa di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan tergolong baik, (3) ada pengaruh penggunaan metode course review horay terhadap motivasi belajar siswa pada bidang study di MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan. Berdasarkan analisis, diperoleh r hitung 0,726, sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,339 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,436 dengan jumlah responden 36 siswa. Jadi r hitung lebih besar daripada r tabel, berarti hipotesis altematif (Ha) yang berbunyi ada korelasi antara penggunaan metode course review horay dengan motivasi belajar siswa diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kemudian korelasi penggunaan metode course review horay dengan motivasi belajar pada bidang study fiqih di kelas X MA Bahrul Ulum Blawi Karangbinangun Lamongan adalah tinggi. Hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai r, dimana r hitung 0,726 berada antara 0,70 - 0,90 yang berarti korelasinya adalah tergolong tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanik, Umi--D01206162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode belajar; Course Review Horay; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:13
Last Modified: 08 Nov 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36121

Actions (login required)

View Item View Item