Pengaruh strategi Spiritual Teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Wahid Hasyim 7 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Laili (2009) Pengaruh strategi Spiritual Teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Wahid Hasyim 7 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Saidah_D01304123.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36132

Abstract

Guru merupakan orang yang sangat penting dalam proses belajar mengajar tertentunya mepgetahui berbagai pengaruh yang mengitari dalam melaksanakan tugasnya. Strategi spiritual teaching adalah rencana cermat melalui sebuah proses penyampaian dan penanaman pengetahuan atau keterampilan yang berkaitan dengan suatu mata pelajaran tertentu kepada siswa yang dilakukan oleh guru dalam kerangka pengabdian kepada Allah sebagai sang Maha Pemilik Ilmu dalam praktek model pembelajaran dengan pendekatan spiritual, dengan cara mencintai profesi dan anak didiknya. Siswa akan mencintai guru dengan cara mengidolakannya serta menempatkan guru sebagai sosok yang berwibawa sehingga dapat mendorong siswa semangat dan senang dalam belajar. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang pengaruh penggunaan strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya, dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan atau pelaksanaan strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SJv.fP Wachid Hasyim 7 Surabaya? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SJv.fP Wachid Hasyim 7 Surabaya? 3. Adakah pengaruh spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisis data, diperoleh strategi spiritual teaching yang dilaksanakan di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya adalah tergolong baik. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan hasil prosentase 79,25% terletak antara 76-100%. Adapun tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tergolong baik. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah di analisis dengan hasil prosentase 76% terletak antara 76-100%. Ada pengaruh tentang penggunaan strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan nilai rxy = 0,454. Jika dikonsultasikan dengan tabel r product moment dengan df = 38 pada taraf signifikasi 5% = 0,320, sedangkan pada taraf signifikasi 1% = 0, 413. Berarti rxy > dari r tabel (rxy > rt) baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan hasil rxy = 0,454 besamya nilai rxy apabila diinterprestasikan pada standart rxy product moment terletak antara 0,40-0,70 sehingga pengaruh yang ada cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, Laili--D01304123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi belajar; Spiritual Teaching; motivasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:44
Last Modified: 12 Nov 2019 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36132

Actions (login required)

View Item View Item