Efektivitas penerapan variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darussalam Sidodadi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safiah, Indatus (2010) Efektivitas penerapan variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darussalam Sidodadi Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indatus Safiah_D01206099.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36138

Abstract

Keefektifan penerapan variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah ketepatan penerapan metode untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian inimencari jawaban dari rumusan masalah: Bagaimana penerapan variasi metode pembelajaran siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di Mts Darussalam Sidodadi Sidoarjo? Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di Mts Darussalam Sidodadi Sidoarjo? Bagaimana efektivitas penerapan variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di Mts Darussalam Sidodadi Sidoarjo? Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah penulis ingin mendeskripsikan pelaksanaan variasi metode, penulis ingin mendeskripsikan prestasi belajar siswa dan mendeskripsikan efektivitas penerapan variasi metode pembelajaran siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di Mts Darussalam. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Kelas VII Mts Darussalam Sidodadi Sidoarjo. Adapun sampel penelitian ini adalah seluruh kelas VII D karena jumlah siswa lebih dari seratus. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis statistik, untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari nilai semester dengan mengunakan pairod semester dan analisis non statistik yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Berdasarkan analisis penerapan variasi metode cukup baik. Sedangkan hasil analisis prestasi belajar yang dilihat dari ketuntasan belajar kelas diperoleh 36 siswa dari 38 siswa tuntas belajar karena memiliki daya serab 94,67 % secara klasikal. Metode bervariasi tuntas karena 36 siswa dari 38 siswa tuntas belajar, untuk menguji keefektifan penerapan variasi metode dapat dilihat dari uji t dengan nilai yaitu to dari tt yaitu 2,03 ( 5,38 ) 2,72 . sehingga variasi metode basil belajar dapat dikatakan efektif. Untuk itu dari basil penelitian diatas dapat di simpulkan bahwa judul skripsi "Efektivitas penerapan variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VU pada mata pelajaran fiqih di Mts Darussalam Sidodadi Sidoarjo". Dapat dikatakan efektif dalam pengajaran guru mata pelajaran fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safiah, Indatus--D01206099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.--195704151989031001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Variasi metode; metode pembelajaran; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:41
Last Modified: 13 Nov 2019 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36138

Actions (login required)

View Item View Item