Penguatan pendidikan karakter melalui Full Day School: studi multi kasus di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Lutfi Nurul (2019) Penguatan pendidikan karakter melalui Full Day School: studi multi kasus di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfi Nurul Mawaddah_F12315213.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karakter sangat penting bagi siswa. Salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas adalah dengan penerapan penguatan pendidikan karakter melalui full day school agar pembentukan karakter secara kontinu tersebut dapat mencapai hasil. Program penguatan pendidikan karakter merupakan bagiaan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental. SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro telah melaksanakan sistem full day school sebagai program untuk menguatkan karakter siswa. Berangkat dari permasalahan tersebut, fokus penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan penguatan pendidikan karakter melalui full day school di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pendidikan karakter melalui full day school di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, (3) dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala atau penghambat dalam penerapan pendidikan karakter melalui full day school di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sesuai dengan Miles dan Huberman, teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengesahan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan penguatan pendidikan karakter di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro melalui kegiatan pembelajaran reguler, pengembangan diri, pembiasaan, dan muatan “full day”. Aspek karakter siswa yang diterapkan adalah religius, mandiri, disiplin, integritas, gotong royong, sopan santun, dan nasionalis. Faktor pendukung penerapan penguatan pendidikan karakter melalui full day school di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah Bojonegoro adalah keaktifan siswa dan komitmen tenaga pendidik serta dukungan orang tua. Faktor Penghambat Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter melalui full day school di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro adalah kesadaran siswa, kesadaran orang tua, dan sarana prasarana sekolah. Solusi yang tepat untukmengatasi kendala dalam penerapan penguatan pendidikan karakter melalui full day school di SDIT Insan Permata Bojonegoro dan SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro antara lain memaksimalkan pendanaan dan sarana prasarana sekolah, melakukan pembinaan, dan menjalin kerja sama dengan wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Lutfi Nurullutfi.nurul91@gmail.comF12315213
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mawaddah Lutfi Nurul
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:15
Last Modified: 18 Nov 2019 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36158

Actions (login required)

View Item View Item