Implementasi strategi Synergetic Teaching (pengajaran bersinergi) dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 7 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiqoh, Binti (2010) Implementasi strategi Synergetic Teaching (pengajaran bersinergi) dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 7 Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Atiqoh_D01205165.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36161

Abstract

Di sebagian sekolah-sekolah strategi pembelajaran biasanya berpusat pada guru dan hal ini mengakibatkan siswa menjadi pasif juga membuat siswa malas untuk mengikuti proses belajar mengajar untuk itu guru hams bisa menjadikan suasana kelas menjadi lebih hidup dengan mengaktifkan pembelajaran. Salah satu cara untuk mengaktifkan siswa adalah dengan memilih strategi yang tepat, dengan strategi synergetic teaching (pengajaran bersinergi) siswa dapat aktif baik diluar maupun di dalam kelas. Dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat diharapkan siswa lebih semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar dan siswa lebih rajin dalam mengikuti pelajaran terutama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sehingga keberhasilan belajar siswa dapat dicapai. Dalam masalah ini yang diangkat adalah bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan strategi Synergetic Teaching (pengajaran bersinergi), bagaimana keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan adakah pengaruh penggunaan strategi synergetic teaching (pengajaran bersinergi) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 7 Jombang. Popasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 7 Jombang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS2. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design dengan menggunakan desain Pre Test And Post Test. Analisis data yang digunakan adalah analisi prosentase dan statistic parametik, yaitu dengan menggunakan uji hipotesis data berpasangan (paired test), uji ini digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi synergetic teaching (pengajaran bersinergi) dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 7 Jombang. Penelitian ini membuktikan bahwa implementasi strategi synergetic teaching (pengajaran bersinergi) termasuk sangat baik dengan rata-rata 3,38 pada pertemuan pertama, dan 3,42 pada pertemuan kedua. Sedangkan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak tergolong baik dengan adanya nialai siswa yang naik pada proses pre test dan post test. Dari data yang didapatkan dari hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dinalisis dengan menggunakan perhitungan statistic parametic, didapatkan hasil bahwa terima Ha dan tolak H0 dari hasil itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi synergetic teaching (pengajaran bersinergi) dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 7 Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiqoh, Binti--D01205165
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Strategi belajar; Synergetic Teaching; pengajaran bersinergi; keberhasilan belajar siswa
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:33
Last Modified: 18 Nov 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36161

Actions (login required)

View Item View Item