Konsep Pendidikan Islam Integralistik dan relevansinya dalam kurikulum SMP Integral Luqman Al Hakim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Siti (2010) Konsep Pendidikan Islam Integralistik dan relevansinya dalam kurikulum SMP Integral Luqman Al Hakim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rochmah_D21206284.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36164

Abstract

Pengaruh globalisasi di berbagai aspek kehidupan telah menjadikan nilai-nilai agama tidak dihiraukan dalam kehidupan artinya antara kehidupan duniawi dan ukhrawi telah terjadi kesenjangan. Demikian juga adanya dikhotomi ilmu yang berimbas pada dualisme pendidikan telah melahirkan manusia yang tersekat-sekat. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak diimbangi dengan penguasaan ilmu agama begitu juga sebaliknya. Padahal pendidikan Islam tidak hanya menyangkut ukhrawi saja tapi juga duniawi. Hal tersebut merupakan latar belakang diadakannya penelitian tentang relevansi konsep pendidikan Islam integralistik dalam kurikulum di SMP Integral Luqman al-Hakim Surabaya. Sehingga tujuannya adalah mengetahui konsep pendidikan Islam integralistik, bagaimana struktur dan implementasi kurikulum di SMP tersebut serta bagaimana relevansi konsep tersebut dalam kurikulum yang diterapkan di SMP Integral Luqman al-Hakim. Konsep pendidikan Islam integralistik merupakan suatu konsep pendidikan Islam yang berusaha mengembangkan seluruh potensi manusia melalui aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik dengan berbagai ilmu pengetahuan yang diliputi dengan nilai-nilai religius untuk menyeimbangan antara duniawi dan ukhrawi sehingga wawasan yang diperoleh meliputi wawasan tentang Tuhan, manusia dan alam semesta secara terpadu. Format konsep ini dapat dilihat melalui perumusan tujuan, kurukulum, keilmuan, management, jenjang dan sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian field reseach dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui telaah pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan pendekatan logika induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam integralistik merupakan salah satu upaya pembaharuan pendidikan Islam. Konsep ini menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum di SMP Integral Luqman al-Hakim Surabaya dengan keterpaduannya dalam hal pengelolaan, materi/keilmuan, kurikulum, jenjang, evaluasi dan tujuan. Meskipun belum adanya buku teks yang islami dan integralistik. Dari sini dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan Islam integralistik mempunyai relevansi dalam pengembangan kurikulum di SMP Integral Luqman al-Hakim

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Siti--D21206284
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Konsep Pendidikan Islam; Pendidikan Islam Integralistik; kurikulum SMP Integral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:24
Last Modified: 19 Nov 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36164

Actions (login required)

View Item View Item