Pengaruh model pengajaran Direct Intruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Anisatul (2010) Pengaruh model pengajaran Direct Intruction pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisatul Fauzia_D31206048.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36196

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi, guru kurang memberikan ruang gerak kepada anak didik untuk termotivasi dalam pembelajaran, dimana dapat berperan aktif dan lebih terampil dalam segala bidang. Oleh karena itu tuntutan terhadap dunia pendidikan untuk memberikan ruang kepada siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat berperan aktif dan dapat berfikir kreatif serta kritis. Salah satu altematif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut yakni untuk memotivasi belajar siswa dengan menerapkan model pengajaran Direct Intruction, model pengajaran ini adalah salah satu model pengajaran yang dalam pelaksanannya guru menyampaikan materi pelajaran secara langsung dengan menggunakan alat- alat atau media lain yang bertujuan agar siswa mampu menyerap dengan cepat materi tersebut agar siswa termotivasi dalam belajar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pengaruh Model Pengajaran Direct Intruction pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 taman Sidoarjo?, (2) Bagaimanakah Motivasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 taman Sidoarjo?, dan (3) Adakah Pengaruh Model Pengajaran Direct Intruction Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada mata Pelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1Taman Sidoarjo? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah I taman Sidoarjo yang terdiri dari 6 kelas, dalam penelitian ini diambil secara acak (random) dan hasil yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah I Taman Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka­angka sebagai alat untuk menentukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Berdasarkan analisis data yang diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pengajaran Direct Intruction adalah sedang, dengan nilai 2883. Hasil analisis untuk motivasi belajar siswa selama kegiatan belajar dengan model pengajaran Direct Intruction tergolong rendah yaitu 2694. Dan jika dihitung dengan product moment diketahui r sebesar 0,59 jika dikonsultasikan dengan r tabel baik taraf signifikan 5% dan 1% dengan df 38 sebesar (0,320 dan 0,413) sehingga r hitung > r tabel dengan demikian terdapat korelasi antara model pengajaran Direct Intruction dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Anisatul--D31206048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherMahmudi, Mahmudi--195502021983031002
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Direct Intruction; Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:25
Last Modified: 25 Nov 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36196

Actions (login required)

View Item View Item