Efektifitas Kurikulum Muatan Lokal (baca Al-Qur'an) terhadap keberhasilan bidang studi PAI di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Fifin Nur (2010) Efektifitas Kurikulum Muatan Lokal (baca Al-Qur'an) terhadap keberhasilan bidang studi PAI di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fifin Nur Aini_D21206281.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36200

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk mengadakan suatu perubahan, oleh karena itu pendidikan harus dioptimalkan dalam mencetak generasi muda yang mempunyai kepribadian dan tanggung jawab, baik diri sendiri, masyarakat dan Negara Seperti yang kita ketahui kurikulum merupakan alat yang penting dalam keberhasilan suatu pendidikan, tanpa adanya kurikulum yang baik dan tepat maka akan sulit dalam mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang di cita-citakan. Dengan demikian jelas bahwa pengembangan kurikulum ini harus memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkunganya, kebutuhan pembangunan, pengetahuan teknologi, kesenian, sesuai jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan. Adapun permasalahan yang ingin diangkat dalam skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal (baca Al-Qur'an) di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, Bagaimana keberbasilan bidang studi PAI di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya dan Bagaimana Efektifitas Kurikulum Muatan Lokal (baca Al-Qur'an) terhadap keberhasilan bidang studi PAI di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Untuk menjawab ke-tiga permasalahan di atas penulis menggunakan analisis data yaitu analisis data kuantitatif. Dalam hal ini data diperoleh melalui teknik observasi, interview, dokumentasi dan angket. Setelah data terkumpul peneliti menggunakan analisis teknik prosentase, data yang dianalisis yang berhubungan dengan kurikulum muatan lokal (baca Al-Qur'an) dan untuk menjawab pennasalahan kedua yaitu tentang keberhasila bidang studi Pendidikan Agama Islam peneliti menggunakan basil nilai rabot, yang kemudian dihitung dengan rata-rata dan setelah itu untuk menjawab berbasil tidaknya dengan membandingkan basil rata-rata dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Kemudian untuk mencari pengaruh antara kedua variabel tersebut penulis menggunakan teknik product moment. Berdasarkan data-data yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa efektifitas kurikulum muatan local (baca AI- Qur'an) di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, bisa dikatakan cukup hal ini bisa dilihat dari hasil angket siswa dengan basil 72% yang berarti cukup, dan keberhasilan bidang studi PAI tetrletak pada taraf lebih dari cukup bal ini dapat dilihat pada basil nilai rat-rata rapot dengan basil 7,88/(8) yang menyatakan lebih dari cukup, Sedangkan untuk menganalisa teknik product moment data yang dianalisa adalah data mengenai Efektifitas kurikulum muatan loka(baca AI- Qur'an) terbadap keberhasilan bidang studi PAI di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Dari perhitungan menggunakan rumus tersebut dapat dikatakan berpengaruh dengan melihat hasil perhitungan dengan nilai 0,879 berada di antara 0,800-1,00 pada tabel interpretasi nilai rxy yang menunjukkan bahwa variabel X dan Y terdapat korelasi yang sangat tinggi..

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Fifin Nur--D21206281
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamim, Nur--150246739
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum; Muatan Lokal; baca Al-Qur'an keberhasilan pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:04
Last Modified: 26 Nov 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36200

Actions (login required)

View Item View Item