Strategi Giving Question and Getting Answer dalam membentuk kognitif anak pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'am, Abdul Ghoni Mukhlas (2009) Strategi Giving Question and Getting Answer dalam membentuk kognitif anak pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am_D01302018.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36206

Abstract

Dalam dunia pendidikan terjadi sebuah proses pembelajaran, yakni antara peserta didik dan pendidik. Di sekolah pend idik dituntut untuk menjadikan anak, menjadi manusia sempuma (insan kamil). Guru yang profesional adalah guru yang menginginkan pembelajaran yang dilakukannya berjalan lancar dan hasilnya optimal. Untuk itu ketika melakukan pembelajaran di kelas ia memilih strategi yang tepat dan mempersiapkannya dengan matang. Pendidikan merupakan proses pemberdayaan yang diharapkan mampu memberdayakan peserta didik menjadi manusia yang cerdas, manusia berilmu dan berpengetahuan serta terdidik. Pemberdayaan siswa dilakukan melalui proses belajar, proses pelatihan, proses memperoleh pengalaman atau melalui kegiatan lainnya. Melalui proses belajar siswa diharapkan memperoleh pengalaman memecahkan masalah dan mampu mengembangkan potensi serta kreativitas berfikimya dengan strategi giving question and getting answer. Namun dengan berkembangnya zaman, sistem pendidikan berubah menjadi student center maksudnya adalah lebih menekankan pada keaktifan dan kreatifitas siswa yakni untuk mengembangkan jati dirinya atau kemampuannya. Dari latar belakang di atas, muncul rumusan masalah yang dapat diangkat: pertama bagaimana penerapan strategi giving question and getting answer pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya, kedua bagaimana pembentukan kognitif anak pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya, ketiga bagaimana strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif anak pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk mendapatkan data tentang strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif anak pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya., setelah data terkumpul penelitian analisis dengan tehnik reduksi data, sajian data (display data) dan verifikasi simpulan data kemudian penelitian dideskriptitkan untuk mendapatkan kesimpulan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interview. Hasil temuan penelitian ini men unjukkan bahwa strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif siswa pada materi PAI di SMP Romly Tamim Surabaya dilakukan dengan cara yaitu diantaranya: Menjadikan siswa lebuh mengetahui dan mengingat materi pendidikan agama islam, menjad ikan siswa memahami materi pendidikan agama islam yang telah diberikan oleh guru, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari informasi sesuai dengan pengamatan dan mampu menyelesaikan masalah, memberikan kesempatan kepada sisiwa untuk berkreasi dalam menyampaikan pendapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'am, Abdul Ghoni Mukhlas--D01302018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Nurhayati--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi belajar; Giving Question; Getting Answer; kognitif anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2019 05:04
Last Modified: 27 Nov 2019 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36206

Actions (login required)

View Item View Item