Metode pembelajaran hadits: studi multi kasus di Pondok Pesantren Wali Barokah Burengan Kediri dan Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Bangil Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimin, Ichwanul (2019) Metode pembelajaran hadits: studi multi kasus di Pondok Pesantren Wali Barokah Burengan Kediri dan Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Bangil Pasuruan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ichwanul Muslimin_F02315058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kedudukan hadits sangat penting bagi umat Islam. Hadits dibutuhkan yang bertujuan untuk menjelaskan secara terperinci larangan dan perintah dalam agama Islam. Hadits merupakan warisan Rasulullah yang sampai sekarang masih dipegang para umatnya yang senantiasa mengharapkan syafa’at setelah dibangkitkan kembali nanti. Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri dan Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Pasuruan adalah Pondok Pesantren yang punya perhatian besar terhadap pembelajaran hadits. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengangkat judul tesis: Metode Pembelajaran Hadits (Studi Multi Kasus di Pondok Pesantren Wali Barokah Burengan-Kediri dan Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Bangil-Pasuruan). Dengan rumusan masalah dalam tesis ini adalah apa metode pembelajaran hadits di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri dan Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Pasuruan, bagaimana implementasinya, dan bagaimanakah kelebihan dan kekurangannya. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui tentang metode pembelajaran hadits di PP Wali Barokah Kediri dan PP Persatuan Islam (Persis) Pasuruan, bagaimana implementasinya, dan bagaimanakah kelebihan dan kekurangannya. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) metode pembelajaran hadits di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri menggunakan metode manqul sedangkan Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Pasuruan menggunakan metode tahliliy, (2) implementasi metode manqul dalam pembelajaran hadits di PP Wali Barokah menggunakan lima cara, yaitu: a. Guru yang membaca, murid yang mendengarkan. b. Murid yang membaca, guru yang mendengarkan. c. Guru menyerahkan ilmunya/kitabnya kepada murid untuk menyampaikan. d. Guru mengirim surat yang berupa al-Qur’an dan hadits kepada muridnya untuk disampaikan. e. Guru memberi wewenang baik dengan ucapan/tulisan kepada muridnya untuk menyampaikan ilmu guru tersebut. Selain itu PP Wali Barokah dalam mengajarkan hadits kepada para santrinya membagi menjadi empat tingkatan/tahapan, yaitu: 1) Tahap persiapan (marh}alah tamhidiyah) 2) Tahap pembekalan (marh}alah tazwidiyah) 3) Tahap pelatihan/penerapan (marh}alah tadribiyah) 4) Tahap peningkatan (marh}alah ta’hidiyah). Sedangkan implementasi pembelajaran hadits dengan metode tahliliy yang diterapkan di PP Persatuan Islam (Persis) pada tingkat akhir, yaitu santri berkewajiban menyusun suatu makalah hukum sesuai dengan metode pengambilan hukum yang telah diajarkan dipesantren. Dalam tahap penyusunannya, santri dibimbing oleh ustadz dan ustadzah yang berkompeten. Sehingga diharapkan mampu menghasilkan karya yang sesuai dengan metode yang ditetapkan (thuruq al istimbath).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimin, Ichwanulichonenul92@gmail.comF02315058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuddin, Syamsuddin--196709121996031003
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Metode pembelajaran; hadits
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muslimin Ichwanul
Date Deposited: 27 Nov 2019 08:26
Last Modified: 27 Nov 2019 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36209

Actions (login required)

View Item View Item