Hubungan strategi pembelajaran Expanding Panel terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Retnowati, Indah (2010) Hubungan strategi pembelajaran Expanding Panel terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Retnowati_D31206002.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36213

Abstract

Strategi pembelajaran expanding panel adalah strategi yang baik untuk menstimulasikan diskusi dan memberi siswa kesempatan untuk mengenali, menjelaskan, dan mengklarifikasikan persoalan sembari tetap bisa berpatisipasi aktif dengan seluruh siswa. Sedangkan yang dimaksud keaktifan belajar siswa adalah semangat siswa dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama proses belajar mengjar yaitu mendengar, memperhatikan penjelasan guru atau temannya, mendiskusikan suatu permasalahan secara kelompok dengan memberikan ide-ide yang baru, mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan lain-lain. Jenis-jenis keaktifan belajar antara lain: keaktifan indera, keaktifan intelektual, keaktifan emosi, dan lain-lain. Pokok permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan strategi pembelajaran expanding panel pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo? Bagaimana keaktifan belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran expanding panel pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo? Adakah hubungan strategi pembelajaran expanding panel terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti memilih jenis penelitian kuantitatif. Karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang memerlukan analisis statistik (menggunakan angka-angka) untuk memperoleh kebenaran hipotesa, serta purposive sampling dalam menentukan responden penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment dan uji signifikan dengan rumus "t" menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,40 dengan nilai uji signifikan 2,6904 di bandingkan dengan r hitung 0,40 dengan r tabel untuk dk=40 (jumlah sampel) dikurangi 2 (jumlah variabel)= 38. Nilai tabel untuk taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 0,304 dan taraf signifikan 1% menunjukkan nilai 0,393. Berarti ada pengaruh antara strategi pembelajaran expanding panel terhadap keaktifan belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Retnowati, Indah--D31206002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.--2009125901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Expanding Panel; Keaktifan Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:10
Last Modified: 28 Nov 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36213

Actions (login required)

View Item View Item