Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Walisongo Sooko Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanim, Farikha (2010) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Walisongo Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farikha Hanim_D21206287.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36215

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan prinsip-prinsip yang mendasari kegiatan dan mengarahkan perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran memegang peranan penting dalam menciptakan mutu pendidikan dan basil belajar yang maksimal. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berpikir siswa, Joyce dan Weill (1980) menempatkan model pembelajaran ini kedalam model pembelajaran Cognitive Growth: increasing the capacity to think, dalam SPPKB, materi pelajaran tidak disajikan begitu saj kepada siswa akan tetapi siswa. Akan tetapi, siswa dibimbing untuk menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai melalui proses dialogis yang terus-menerus dengan memanfaatkan pengalaman siswa, Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Walisongo Mojokerto dengan mengambil sampel sebanyak 31 Siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Dari hasil perbitungan diperoleh bukti adanya peningkatan rata-rata prosentase ketercapaian skor siswa, menunjukkan bahwa strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) Di SMP Islam Walisongo tergolong baik. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 2.614 maka dapat disimpulkan bahwa Ho tolak dan HI diterima karena lebih besar dari t table sebesar 2.041. Adanya penolakan Ho berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB). Adanya perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) maka Strategi tersebut dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanim, Farikha--D21206287
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamim, Nur--196203121991031002
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:37
Last Modified: 28 Nov 2019 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item