Peran Lesson Study dalam mengembangkan Student Centered Learning pada bidang study Al Islam Kelas XI IPS 4 dan IPS 5 di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Siti Nur (2010) Peran Lesson Study dalam mengembangkan Student Centered Learning pada bidang study Al Islam Kelas XI IPS 4 dan IPS 5 di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Hasanah_D31205049.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36216

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bentuk pembelajaran secara umum saat ini yang masih konvensional pada pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Pada umumnya guru tidak memberi inspirasi kepada siswa untuk berkreasi dan tidak melatih siswa untuk hidup mandri. Pelajaran yang disajikan guru kurang menantang siswa untuk berpikir. Akibatnya siswa tidak menyenangi pelajaran. Untuk mengatasi hal-hal tersebut guru melakalrukan lesson study, sehingga guru dapat melakukan review terhadap kinerjanya yang selanjutnya dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kinerjanya Dengan melaksanakan lesson study, wawasan guru akan berkembang dan termotivasi untuk selalu berinovasi yang selanjutnya akan menjadi guru yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru Al-Islam serta siswa kelas XI IPS4 dan IPS 5 yang dipilih secara acak. Artinya, dalam Instrumen yang digunakan selama pengambilan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis didapatkan bahwa pelaksanaan lesson study di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sudah sesuai dengan landasan teorinya. Dalam penerapannya di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, lesson study memiliki faktor-faktor pendukung clan juga kendala yang dapat menghambat ataupun menyulitkan guru untuk bisa mengembangkan student centered learning ini dengan baik. Diantara faktor pendukungnya antara lain adalah sarana dan prasarana yang sangat mendukung terjadinya proses pembelajaran yang nyaman dan kondisional. Sedangkan salah satu faktor yang dapat menyulitkan guru dalam menerapk.an lesson study ini adalah kondisi fisik guru maupun siswa yang kurang fit atau kurang sehat yang dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Siti Nur--D31205049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Lesson Study; Student Centered Learning; study Al Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:47
Last Modified: 28 Nov 2019 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36216

Actions (login required)

View Item View Item