Penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Studi Qur'an Hadits di SD Al Huda Mulyorejo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Nihayatus (2010) Penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Studi Qur'an Hadits di SD Al Huda Mulyorejo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nihayatus Sa'adah_D01205130.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36228

Abstract

Belajar atau pembelajaran adalah suatu rangkaian aktivitas yang komplek, suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran,berangkat dari indikator diatas perlu diupayakan perbaikan pada metode belajar, Metode baca cepat teori Glenn Doman adalah metode mengajarkan cara membaca dan berhitung dengan menggunakan flash card (metode kartu), metode baca cepat teori Glenn Doman ini menggunakan alat belajar utama, yaitu kartu. Masaiah yang diteliti adalah 1.) Bagaimana penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman pada studi Qur'an Hadits di SD Al-Huda Mulyorejo Surabaya? 2.) Bagaimana motivasi belajar siswa pada studi Qur'an Hadits di SD Al-Huda Mulyorejo Surabaya sebelum dan sesudah metode baca cepat teori Glenn Doman diterapkan? 3.) Adakah dampak penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada studi Qur'an Hadits di SD Al-Huda Mulyorejo Surabaya? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, interview, angket dan dokumentasi, peneliti mencoba menjawab pertanyaan pada rumusan masalah dengan metode anal_isa deskriptif. Penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentase relatif, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu rumus product moment dan hasilnya diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil dari rumusan masalah adalah a) penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman pada studi Qur'an Hadits cukup baik terbukti dari analisis data menunjukkan angka sebesar 29,86%. b) motivasi belajar siswa pada Qur'an Hadits sebelum dan sesudah menggunakan metode baca cepat teori Glenn Doman diterapkan terbukti dari analisis data sebelum menggunakan metode baca cepat teori Glenn Doman pada saat pre-test sebesar 70,86% sedangkan pencapaian pada saat post-test sebesar 80,27% maka motivasi belajar siswa sesudah manggunakan metode baca cepat teori Glenn Doman diterapkan meni ngkat sebesar 9,41%. c) penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman ada dampak yang sangat baik terbukti dari analisis data statistik dengan perhitungan " r " (product moment) dengan basil fxy = 0,72 dan dari hasil signifikansi 5% dapat diketahui bahwa " r0>rt ", maka hipotesis diterima, penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman diterima, artinya metode baca cepat teori Glenn Doman diterapkan dengan baik oleh siswa-siswi SD Al-Huda. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman pada studi Qur'an Hadits dalam kategori cukup, sedangkan motivasi belajar siswa juga cukup. Dan penerapan metode baca cepat teori Glenn Doman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada studi Qur'an Hadits adalah "tinggi".

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Nihayatus--D01205130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2005076701
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Metode baca cepat; teori Glenn Doman; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:40
Last Modified: 04 Dec 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36228

Actions (login required)

View Item View Item