Efektivitas penerapan teori Pemrosesan Informasi (Robert M. Gagne) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nushrotin, Nushrotin (2010) Efektivitas penerapan teori Pemrosesan Informasi (Robert M. Gagne) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nushrotin_D01206206.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36230

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami suatu pengetahuan tertentu, yang salah satu penyebabnya karena pengetahuan baru yang diterima tidak terjadi hubungan dengan pengetahuan sebelumnya, atau mungkin pengetahuan awal sebelumnya belum dimiliki. Dalam hal ini, maka pengetahuan awal menjadi syarat utama dan menjadi sangat penting bagi pembelajar untuk dimilikinya. Akibatnya proses pembelajaran menjadi terlambat dan prestasi belajar pun kurang maksimal. Salah satu alternatif yang ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penerapan teori pemrosesan informasi. Teori pemrosesan informasi adalah teori kognitif yang menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh sejumlah informasi dan dapat diingat dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu perlu menerapkan suatu strategi belajar tertentu yang dapat memudahkan semua informasi diproses di dalam otak melalui beberapa indera. Adapun rumusan masalab dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana penerapan teori pemrosesan informasi (Robert M.Gagne) pada mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 2) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 3) bagaimana efektivitas penerapan teori pemrosesan informasi (Robert M. Gagne) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, interview dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan teori pemrosesan informasi selama tiga pertemuan dengan nilai rata-rata 3,33 yang berarti sangat baik. Berdasarkan hasil analisis angket penerapan teori pemrosesan informasi dapat diketabui dari hasil rata-rata prosentase yaitu 81,85 yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa tergolong baik, bal ini dibuktikan dari nilai rata-rata siswa 7,8. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan perhitungan regresi linier sederhana, bahwa Hoditolak dan Haditerima. Dari beberapa penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan teori pemrosesan informasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Nurul Jadid Paiton probolinggo cukup berpengaruh. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan sebesar 6,69 % sehingga ada pengarub antara variabel X terhadap variabel Y dengan asumsi bahwa variabel lainnya konstan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nushrotin, Nushrotin--D01206206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Teori Pemrosesan Informasi; Robert M. Gagne; hasil belajar siswa
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:22
Last Modified: 04 Dec 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36230

Actions (login required)

View Item View Item