Implementasi konsep Kurikulum Terpadu dalam membentuk Life Skill siswa Kelas II di MTs Unggulan Al Qorrobiyah Sendeng Dajjah Labang Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahrawi, Mahrawi (2010) Implementasi konsep Kurikulum Terpadu dalam membentuk Life Skill siswa Kelas II di MTs Unggulan Al Qorrobiyah Sendeng Dajjah Labang Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahrawi_D01205193.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36231

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi Kurikulum terpadu (Integrated Curikulum) dalam membentuk life skill siswa kelas II Di MTs unggulan AI-Qorrobiyah Sendeng Dajah Labang Bangkalan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisa domain, menganalisis penerapan Kurikulum terpadu (Integrated Curikulum) dalam membentuk life skill siswa kelas IT Di MTs unggulan Al-Qorrobiyah Sendeng Dajah Labang Bangkalan. Kurikulum terpadu (integrated curiculum) merupakan satu bentuk kurikulum yang dibagi melalui mata pelajaran, dan content dari mata pelajaran tersebut. Dalam pengajarannya, kurikulum terpadu bisa disebut juga sebagai satu bentuk pembelajaran tematik, yang memadukan berbagai aspek-aspek materi dalam berbagai mata pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam Penelitian ini dapat di sampaikan bahwa: ada dua pola yang digunakan oleh MTs. Al-Qorrobiyah dalam menerapkan kurikulum terpadu ini. Pertama team teaching, yaitu sebuah kelompok guru yang oleh sekolah diberikan wewenang dalam upaya mengkomunikasikan seluruh aspek mata pelajaran yang terintegralkan. Kedua, Guru Tunggal. Pola yang kedua ini diperuntukkan bagi Guru harus berwawasan luas, memiliki kreatifitas, keterampilan metodologis yang handal. Dalam implementasinya juga,kurikulum terpadu hanya diterapkan di kelas unggulan, dan pada pelajaran yang ada kaitannya dengan system social dan masyarakat,sehingga di mungkinkan adanya keterkaitan antar mata pelajaran dengan tema sebagai pusat keterkaitan. Kurikulum terpadu di MTs Al-Qorrobiyah merupakan pilihan yang tepat agar siswa dapat mengaktualisasikan keseluruhan bentuk kecakapan dan potensi yang dimiliki (life skill). Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa pproses pembentukan life skill juga ada di dalam kelas. Misalnya, kemampuan berpidato dan berdiskusi. lni tidak mungkin dikembangkan melalui kegiatan ekstrakulekuler, kecuali dicapai menggunakan aspek-aspek yang ada-, di dalam pembelajaran dan kelas sehingga menjadi relevan dengan penerapan kurikulhm terpadu di kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahrawi, Mahrawi--D01205193
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: lmplementasi; Kurikulum Terpadu; Integrated Curiculum; Life Skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:38
Last Modified: 10 Sep 2020 12:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36231

Actions (login required)

View Item View Item