This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Setiafina, Eli (2010) Pengaruh pendekatan Multiple Intelligence terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Eli Setiafina_D01206089.pdf Download (5MB) |
Abstract
Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran, pada dasarnya adalah menenrukan pendekatan pembelajaran. Membahas pendekatan pembelajaran, banyak sekali jenis pendekatan yang bisa diterapkan. Di antaranya yang dikembangkan dari suatu teori yaitu Multiple Intelligence. Setiap kurikulum menitik beratkan pada pencapaian suatu kompetensi tertentu peserta didik. Pendekatan Multiple Intelligence pun memandang bahwa seseorang memiliki beberapa potensi kecerdasan. Salah satu dari kecerdasan peserta didik itulah yang dikembangkan, sehingga menjadi suatu kompetensi yang sangat dominan dikuasainya. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang pengaruh pendekatan multiple intelligence terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Driyorejo, dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pendekatan Multiple Intelligence di SMP Negeri 1 Driyorejo? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Driyorejo? 3. Adakah Pengaruh Multiple Intelligence terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Driyorejo? Untuk pengujian hipotesis penulis gunakan analisis data kuantitatif dengan rumus product moment. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penyajian data dan analisis data, diperoleh pendekatan multiple intelligence yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Driyorejo adalah tergolong baik. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan hasil prosentase 56,26% terletak antara 76-100%. Adapun tentang motivasi belajar pendidikan agama Islam tergolong cukup baik. Hal ini terbukti dari data angket yang sudah dianalisis dengan hasil prosentase 56,3% terletak antara 56-76%. Ada pengaruh tentang pendekatan multiple intelligence terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan nilai rxy = 0,99. Jika dikonsultasikan dengan tabel r product moment dengan df = 46 pada taraf signifikasi 5% = 0,297, sedangkan pada taraf signifikasi 1% = 0,384. Berarti rxy > dari r tabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan hasil rxy= 0,99 besarnya nilai rxy apabila diinterprestasikan pada stand.art rxy product moment terletak antara 0,80 - 1,00 sebingga pengaruh yang ada sangat kuat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||
Keywords: | Pendekatan Multiple Intelligence; motivasi belajar; pendidikan agama Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:07 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2020 13:14 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36233 |
Actions (login required)
View Item |