Etektivitas metode Cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sumobito Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Nur (2010) Etektivitas metode Cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sumobito Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitria_D01206189.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36234

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini disebabakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang di laksanakan di sekolah-sekolah masih betjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untlik berpartisispasi. Peran aktif siswa di dalam kelas diperlukan agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapakan metode Cooperative script. Metode ini melatih pendengaran, ketelitian atau. kecermatan, dalam metode ini setiapa siswa mendapat peran dan dapat melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sumobito Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas VIII sedangkan sampelnya adalah diambil dari kelas VIII C yang berjumlah 36 siswa. Metode yang•digunakan penulis dalam pengumpulau data adalah metoc;l observi, angkt interview,. dan dokumentasi selanjutnya data yang diperoleh dianalisis•secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka kesimpulannya adalah ada pengaruh efektivitas metode Cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumobito Jombang yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Nur--D01206189
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode belajar; Cooperative script; hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:30
Last Modified: 04 Dec 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36234

Actions (login required)

View Item View Item