Pengaruh penerapan metode Sokratik terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh Kelas XI MAN Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumaini, Ahmad Mukhlish (2010) Pengaruh penerapan metode Sokratik terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh Kelas XI MAN Babat Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Mukhlish Khumaini_D01206123.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36235

Abstract

Bagaimana penerapan metode Sokratik terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI MAN Babat Lamongan, Bagaimana keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI MAN Babat Lamongan dan apakah ada pengaruh penerapan metode sokratik terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqh siswa kelas XI MAN Babat Lamongan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya: Observasi, interview, dokumentasi, angket. Sedangkan untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menggunakan analisis data kuantitatif. Adapun analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus prosentase, dan yang dianalisis adalah penerapan metode sokratik. Dan juga menggunakan rumus mean dan yang dianalisis adalah keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Berdasarkan pada hasil prosentase tentang penerapan metode sokratik yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sokratik dengan prosentase 59% yang mana dikonsultasikan dengan standart yang diberikan oleh Suharsimi Arikunto berada diantara 56% - 75% tergolong cukup. Demikian halnya dengan keberhasilan belajar siswa pada bidang studi Fiqh, dengan rata-rata 7,8 yang mana jika dikonsultasikan dengan kriteria nilai raport siswa berada diantara 7-8 tergolong lebih dari cukup. Sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment dengan menggunakan interpretasi secara sederhana dapat diketahui bahwa hasil nya 0,865 jika dikonsultasikan dengan table interpretasi pada nilai "r" sebagaimana dalam table interpretasi, maka nilai 0,865 berada diantara 0,70 - 0,90 terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Sedangkan dari hasil perhitungan dengan membandingan rxy atau ro dengan rt product moment dapat diketahui bahwa hasilnya ada pengaruh antara variable X dan Y. hal ini berdasarkan analisis yang dilakukan dengan mengkonsultasikan pada table "r" product moment, maka dapat diketahui bahwa df sebesar 34 diperoleb pada taraf signifikan 5% = 0,339 dan pada taraf signifikan 1% = 0,436, seperti yang telah diketahui bahwa rxy atau ro telah diperoleb 0,865, sedangkan rt masing-masing 0,339 + 0,436. dengan demikian temyata ro lebih besar dari pada rt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% ro > rt. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dari interpretasi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan metode sokratik terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Adapun saran bagi MAN Babat sebagai berikut: dengan diketahuinya adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,865, maka jika menginginkan keberhasilan belajar siswa mata pelajaran fiqh pada siswa kelas XI MAN Babat Lamongan menjadi lebih baik lagi, maka penerapan metode sokratik barus lebih ditingkatkan lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumaini, Ahmad Mukhlish--D01206123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutiyono, Sutiyono--195108151981031005
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Sokratik; Keberhasilan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:44
Last Modified: 04 Dec 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36235

Actions (login required)

View Item View Item