Pengaruh intensitas lingkungan asrama siswa yang mukim terhadap prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Buda Sencaki Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibtiyah, Maryatul (2010) Pengaruh intensitas lingkungan asrama siswa yang mukim terhadap prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Buda Sencaki Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maryatul Qibtiyah_D51206392.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36238

Abstract

Pendidikan adalah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil pendidikan yang baik dan maksirnal, kita juga harus rnemperhatikan faktor-faktor yang dapat mendukungnya diantaranya adalah lingkungan belajar siswa. Pada umwnnya siswa yang berada pada lingkungan yang mendukung, dalam dirinya selalu ingin maju dan rnempunyai semangat yang tinggi dalam belajar, sehingga dia mampu mendapatkan prestasi yang baik, namun sebaliknya siswa yang berada di lingkungan yang tidak mendukung dia akan sulit untuk melakukan aktifitas belajar, sehingga sulit pula untuk meraih prestasi yang baik. Sedangkan prestasi belajar merupakan tolok ukur bagi suatu keberhasilan proses belajar siswa dan dari situlah maju atau mundurnya suatu lembaga dapat dilihat. Dengan demikian betapa sangat pentingnya meningkatkan prestasi belajar siswa. Berawal dari sini penulis tertarik untuk meneliti pengaruh intensitas lingkungan asrama siswa yang mukim terhadap prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Surabaya. Dalam penelitian ini Siswa Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ruda berjumlah 246 akan tetapi yang menjadi obyek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda yang mukim di asrama yang berjumlah 45 sisw maka dalam penelitian ini dinamakan penelitian populasi.Adapun paradigma dalam penelitian ini adalah pengaruh variabel X terhadapY yakni pengaruh intensitas lingkungan asrama siswa yang mukim terhadap prestasi belajar. Hasil yang diperoleh setelah menganalisa dan menggunakan beberapa uji secara statistik, maka diketahui hasil r hitung adalah 0,387 % kemudian dikonsultasikan dengan dengan r tabel product momen taraf signifikan 5 % ( 0,294 % ), maka r hitung ( 0,387 % ) lebih besar dari r tabel product moment taraf signifikan 5 % ( 0,294 % ).Dari sini dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara intensitas lingkungan asrama siswa yang mukim terhadap prestasi belajar di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hurla Sencaki Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibtiyah, Maryatul--D51206392
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, M. Yunuselyunusy@gmail.com2015026502
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Intensitas lingkungan; asrama siswa; siswa mukim; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:05
Last Modified: 05 Dec 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36238

Actions (login required)

View Item View Item