Penguasaan Kefasihan Baca al-Qur'an: Study Kasus Madrasatul Qur'an Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sur, Hawali (2009) Penguasaan Kefasihan Baca al-Qur'an: Study Kasus Madrasatul Qur'an Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hawali Sur_D51206211.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36239

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana metode pengajaran dalam penguasaan kefasihan baca al-Qur'an? (2). Bagaimana upaya yang digunakan oleh Lembaga Madrastul Qur'an dalam penguasaan kefasihan baca al­Qur'an? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat dalam kefasihan baca al-Qur'an? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komperatif. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: 1). Metode yang digunakan Lembaga Madrasatul Qur'an sampai saat ini lebih banyak merujuk kepada buku-buku petunjuk yang dikarang oleh orang-orang yang punya kredibilitas dan kompetensi dalam ilmu al-Qur,an, seperti; Metode Jibril, Metode Qira'ati, dan Al-Barqy. 2) Upaya yang dilakukankan oleh Lembaga Madrastul Qur'an, seperti studi banding, menambah sarana prasrana lembaga perpustakaan yang dilengkapi koleksi buku­buku, CD dan kaset terbaru sebagai panduan bagi siswa. Serta mendatangkan Qori' Internasional dan guru yang profesional di bidang al-Qur'an. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penguasaan kefasihan baca al-Qur' adalah faktor lingkungan, selain Kemampuan intelektual dari siswi itu sendiri. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, semoga dapat mewakili isi skripsi secara keseluruhan untuk memudahkan memahami isi dari pada skripsi ini. Dan kepada segenap peneliti yang sejenis dengan penelitian ini untuk mengadakan penelitian dalam fokus masalah tentang hambatan-hambatan terhadap penguasaan tadris, karena penulis belum menjawab permasalahan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sur, Hawali--D51206211
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahmudi, Mahmudi----
Subjects: Pesantren
Al Qur'an
Keywords: Kefasihan Baca al-Qur'an; Madrasatul Qur'an; tadris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:20
Last Modified: 05 Dec 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36239

Actions (login required)

View Item View Item