Pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusra menurut Muhammad Abduh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Rahmawati (2009) Pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusra menurut Muhammad Abduh. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmawati_E33205001.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36243

Abstract

Al-Qur'an adalah satu-satunya kitab suci yang tidak tertandingi jika dibandingkan dengan kitab yang lain karena ia memiliki keistimewaan. Salah satu keistimewaan yang tersebut, yaitu adanya pengulangan yang terjadi dalam ayat Al­ Qur'an, sebagaimana dalam surat Al-Insyirah (fa inna ma'a al 'usriyusra, inna ma'a al 'usriyusrii ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi mengenai tujuan pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusra menurut Muhammad Abduh. Di samping itu, untuk menjelaskan tentang penafsiran Muhammad Abduh tentang pengulangan ayat inna ma'a al 'usriyusra. Pembahasan mengenai tikror atau pengulangan ayat dalam Al-Qur' an sangatlah banyak, salah satunya terdapat dalam ayat ke-5 dan ke-6 dalam surat Al­ Insyirah. Secara tersirat dan tersurat Allah SWT memiliki tujuan tertentu dari pengulangan tersebut, semisal sebagai penguat agar lebih meyakinkan dalam hati sehingga tidak menimbulkan keraguan. Untuk memahami tujuan tersebut, tentunya penelitian ini tidak bisa lepas dari kaidah tikror. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode analisis. Metode deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai penafsiran Muhammad Abduh terhadap pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusrii. Sedangkan metode analisis, yaitu dengan cara menganalisis substansi permasalahan yang merupakan pokok bahasan dalam penulisan ini. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa tujuan pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusrii menurut Muhammad Abduh adalah sebagai ta'kid atau penguat, agar lebih meyakinkan dalam hati, sehingga tidak menimbulkan keraguan. Sedangkan penafsiran Muhammad Abduh terhadap pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusra, yaitu bahwa dalam menghadapi setiap kesulitan dalam hidup, manusia harus selalu yakin akan ada penyelesaiannya dan yakin jika Allah SWT akan senantiasa menolong hamba-Nya yang mau berusaha, berjuang dan bertawakal kepada-Nya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tujuan pengulangan ayat inna ma'a al 'usri yusrii menurut Muhammad Abduh adalah sebagai sebagai ta'kid Sehingga, diharapkan dalam menghadapi kesulitan hidup seseorang harus yakin bahwa Allah akan memberikan kemudahan, baik kemudahan di dunia maupun kemudahan di akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Rahmawati--E33205001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmad Cholil----
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Pengulangan ayat; Muhammad Abduh
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:42
Last Modified: 05 Dec 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36243

Actions (login required)

View Item View Item