Grammatical Errors On Students' Writing Recount Text : An Error Analysis of Second Semester Students at English Department of UINSA Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daniatul, Rama (2019) Grammatical Errors On Students' Writing Recount Text : An Error Analysis of Second Semester Students at English Department of UINSA Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rama Daniatul Hotimah_A03215016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Siswa-siswa Indonesia menghadapi masalah pada bagaimana membuat tulisan yang bagus dan menarik meskipun mereka berada pada level yang tinggi. Salah satu penyebab banyaknya kesalahan grammar dalam tulisan mereka adalah bahasa ibu mereka. Dimana bahasa ibu mereka berpengaruh buruk dalam bahasa target mereka dalam menulis. Para siswa membuat banyak kekeliruan karena mereka berfikir target bahasa mereka persis dengan bahasa asli mereka yang pada kenyataannya sangat berbeda. Siswa semester dua UIN Sunan Ampel Surabaya adalah subjek dari penelitian ini. Maksud dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi tipe kesalahan grammar apa saja yang di temukan pada tugas akhir siswa semester dua UINSA Surabaya dan (2) Untuk menemukan penyebab kemungkinan terjadinya grammar error yang di temukan pada tugas akhir maha siswa semester dua UINSA Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Data dari penelitian ini berhasil di kumpulkan dengan mengikuti kelas Grammar dasar dimana tugas akhir mereka adalah menulis recount text masa lampau mereka, menceritakan masa lampau mereka, entah itu masa lalu atau hal yang tidak bisa mereka lupakan di masa lampau, lalu penulis mengumpulkan hasil tes akhir maha siswa semester dua tersebut dan menganalisis data, penulis menandai grammar. Grammar yang salah. dan mengkategorikan mereka ke dalam tabel tentang tipe apa saja kesalahan yang terjadi beserta apa saja penyebab kesalahan grammar sendiri itu terjadi, lalu mengkalkulasi total kesalahan kesalahan grammar tersebut dan mendiskusikan data dalam penjelasan komprehensif. Hasil dari penelitian ini ada 114 eror yang ditemukan dalam tulisan maha siswa. 114 tersebut terdiri dari 32 eror dalam penghilangan, 17 eror dalam penambahan, 63 eror dalam misformasi, dan 2 eror dalam kesalahan order, disisi lain ada 4 penyebab terjadinya eror. Ada 17.46% eror dalam intralingual, 71.43% dalam interlingual, 11.11 % eror ambigu, dan 0% eror unik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daniatul, Ramaanastania2121@gmail.comA03215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurjum, Muhammadkurjum69@yahoo.id196909251994031002
Subjects: Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Hotimah Rama Daniatul
Date Deposited: 06 Dec 2019 07:24
Last Modified: 06 Dec 2019 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36249

Actions (login required)

View Item View Item