Mechanical Errors in Academic Writing: A Case Study at English Language Education Department of UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Devi (2019) Mechanical Errors in Academic Writing: A Case Study at English Language Education Department of UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Devi Puspitasari_D75215038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis teks akademik harus memperhatikan mekanik dalam tulisan tersebut; tanda baca, huruf kapital, dan ejaan. Dengan dilaksanakannya hal itu, pembaca bisa menangkap maksud dari suatu teks. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan mekanik dalam tulisan akademik yang berbahasa Inggris dan penyebab-penyebab yang memengaruhi mahasiswa meletakkan mekanik dalam teks akademik berbahasa Inggris. Subyek penelitian ini adalah lima mahasiswa dari kelas D1 yaitu English Written Pendidikan Bahasa Inggris, tahun ajaran 2018/2019. Data diperoleh dari lima essai ujian akhir dari Pendidikan Bahasa Inggris, tahun ajaran 2018/2019 dan wawancara semi-terstruktur kepada 5 mahasiswa. Metode kualitatif digunakan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan data lebih rinci berdasrkan teori, hasil dari analisis dokumen, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil menunjukkan bahwa semua partisipan melakukan kesalahan dalam beberapa kategori dalam mekanik. Kesalahan yang sering terjadi adalah pada kategori kapital dan ejaan dengan hasil yang sama pada kelima partisipan, yaitu 33 kesalahan. Kesalahan yang paling rendah yaitu dalam penggunaan titik (tanda baca) yaitu 10 kesalahan. Kesalahan yang paling banyak terjadi pada penggunaan kapital di huruf pertama pada awal paragraf dan setelah tanda titik. Pada ejaan, homonim dan kesalahan eja pada kata adalah sumber kesalahan paling banyak. Penyebab utama sehingga mahasiswa melakukan kesalahan dalam mekanik adalah kurangnya pengetahuan dari siswa dan perhatian di dalam kelas dan juga kurangnya penjelasan secara rinci yang disertai contoh-contoh dari guru sehingga memengaruhi mereka dalam menempatkan mekanik. Kepada calon guru, mekanik dalam kepenulisan perlu diperhatikan lebih saat menjelaskan di dalam kelas untuk menghindari kesalahan yag dilakukan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Devidevipuspita6597@gmail.comD75215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com1973101311997031002
Thesis advisorAsmiyah, Sitiasmi.iain@yahoo.co.id197704142006042003
Subjects: Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: mekanik; kesalahan; kesalahan dalam mekanik; teks akademik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puspitasari Devi
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:06
Last Modified: 03 Jan 2020 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36263

Actions (login required)

View Item View Item