Literary Materials Selection For Teaching English Language And Literature Subject At Senior High Schools In Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haniya, Ainun (2019) Literary Materials Selection For Teaching English Language And Literature Subject At Senior High Schools In Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ainun Haniya_D75215079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sastra mengandung nilai – nilai budaya dan berisi konten tata Bahasa yang mendekati akurat. Sesuai dengan pandangan ini, model pembelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum K13 telah mempertimbangkan penggunaan bahan ajar berbasis sastra sebagai salah satu sumber belajar potensial untuk menyelenggarakan pembelajaran Bahasa yang menarik. Akan tetapi, terdapat tantangan yang besar untuk guru dalam memilih bahan ajar berbasis sastra berdasarkan beberapa faktor yang menunjukkan bahwa sastra adalah bahan ajar otentik yang tidak digukanan untuk tujuan akademik, sastra mengandung budaya yang asing khususnya untuk pembelajar yang bukan penutur bahasa inggris asli, serta, kurikulum tidak selalu menetapkan apa dan bagaimana sastra seharusnya diajarkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini ditujukan untuk meneliti dari pengalaman dan pertimbangan guru, jenis – jenis bahan ajar berbasis sastra apa saja yang digunakan serta kriterianya dalam pemilihan bahan ajar tersebut untuk mengajar mata pelajaran Bahasa dan sastra inggris pada kurikulum K13. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif untuk mengungkapkan pengalaman dan pertimbangan guru dalam memilih bahan ajar berbasis sastra. Data penelitian dikumpulkan melalui analisa dokumen dan wawancara dua guru Bahasa dan sastra inggris dari dua sekolah menengah atas yang berbeda. Penelitian ini menemukan bahwa guru Bahasa dan sastra inggris menggunakan bahan ajar berbasis sastra yang bervariasi termasuk Biografi, Peribahasa, Teka-teki, Lagu, Puisi, Cerita Rakyat, Dongeng, Sandiwara, dan lainnya. Dalam pemilihan bahan ajar berbasis sastra, guru mempertimbangkan enam kriteria yaitu, sesuai dengan silabus dan kompleksitas Bahasa; sesuai dengan latar belakang budaya, usia, dan minat siswa; kriteria terakhir adalah kesesuaian dengan preferensi guru yaitu antara variasi jenis sastra atau keefektifan konten bahan ajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haniya, Ainunainunhaniya@gmail.comD75215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSoraya, Irmamozafyr@yahoo.com19670930 199303 2 004
Thesis advisorSafriyani, Rizkarizkasafriyani24@gmail.com19840914 200912 2 005
Subjects: Bahasa Inggris
Keywords: Mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris; Bahan ajar berbasis sastra; Pemilihan bahan ajar berbasis sastra.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Haniya Ainun
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:48
Last Modified: 03 Jan 2020 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36265

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item