Sejarah perkembangan Yayasan Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya Tahun 1967-1972

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfatin, Nina (2010) Sejarah perkembangan Yayasan Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya Tahun 1967-1972. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Ulfatin_A02206004.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36269

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagairnana sejarah berdirinya Masjid Rahmat Surabaya, Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Masjid Rahmat Surabaya, hingga perkembangan-perkembangannya yang menyangkut tiga bal yaitu bidang pendidikan, dakwah dan kemasjidan. Pada bab kedua skripsi ini membabas tentang sejarah berdirinya masjid yang konon didirikan oleh Sunan Ampel yang singgab di Kembang Kuning sebelum akhimya ke Ampel Denta. Bab ketiga tentang sejarah berdirinya yayasan yang waktu itu dipelopori oleh masyarakat setempat guna untuk memakmurkan masjid tersebut. Sed;mgkan dalam bab yang keempat membabas tentang perkembangan­ perkembangan yang dicapai oleh yayasan dalam tiga hal yaitu bidang pendidikan, dakwab dan kemasjidan. Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian sejarah dan memakai pendekatan sosiologi (masyarakat). Sumber yang didapat penulis adalah dari hasil wawancara dan dokumen Masjid Rahmat juga menggunakan literatur-literatur bacaan yang ada relevansinya dengan kajian ini. Akhirnya dapat penulis simpulkan bahwa berdirinya Yayasan Masjid Rahmat (Yasmara) bermula dari berdirinya Masjid Rahmat yang konon didirikan oleh Sunan Ampel sebelum ke Ampel Denta. Guna untuk memakmurkan masjid tersebut akhirnya oleh masyarakat setempat mendirikan yayasan yang bemama Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat). Setelab itu yayasan tersebut mengalami pcrkembangan­ perkembangan yang signifikan dalam tiga hal : bidang pendidikan, kemasjidan dan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfatin, Nina--A02206004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.--195907171987031001
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah Yayasan; Yayasan Masjid; Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:46
Last Modified: 09 Dec 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36269

Actions (login required)

View Item View Item