Pondok Pesantren Al Jihad Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya: studi tentang sejarah, perkembangan dan aktifitasnya 1998-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budianto, Arif (2011) Pondok Pesantren Al Jihad Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya: studi tentang sejarah, perkembangan dan aktifitasnya 1998-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Budianto_A02305020.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36270

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1 ) Bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Al-Jihad Surabaya (2) Bagaimana perkembangan pondok pesantren Al­ Jihad Surabaya (3) Apa saja aktivitas pondok pesantren Al-Jihad Surabaya tahun 1998- 2009. Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini digunakan metode sejarah. Untuk memberikan gambaran mengenai "Pondok Pesantren Al-Jihad Studi Tentang Sejarah, Perkembangan dan Aktifitasnya Tahun 1998-2009". Dalam skripsi ini penulis mengunakan teori Kafrowi. Dalam buku Ahmad Tafsir membagi pola pondok pesantren menjadi 4 pola. Teori ini sangat berarti dalam mengidentifikasi pesantren sekaligus dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan pondok pesantren Al-Jihad Surabaya. Untuk mengidentifikasi pondok pesantren kafrowi dalam kutipan buku karya Ahmad tafsir. Pola pondok pesantren dibagi menjadi empat yaitu: Pola pondok pesantren Al-Jihad adalah pola III yakni pesantren yang Di masjid, rumah, kyai, pondok, dan Madrasah. Pondok pesantren Al-Jihad telah memakai sistem klasikal, ada pula pengajaran kitab kuning dengan menggunakan metode sorogan dan weton yang dilakukan oleh kyai. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa aktifitas keagamaan pondok pesantren Al-Jihad Surabaya menempuh dalam tiga bidang: 1. BidangKeagamaan. Pertama: Majelis Ta'lim Malam Minggu Pahing diadakan lima Minggu sekali, yakni diselenggarakan pada hari Sabtu malam Ahad pahing. Kedua: Pengajian Ibu-Ibu diadakan hari Ahad sore. Ketiga: Pengajian Tafsir Al-Qur'an diselenggarakan setiap hari Sabtu pagi setelah sholat Shubuh. Keempat: Pengajian Hadits diselenggarakan pada hari Kamis pagi setelah sholat Shubuh. Kelima: Bimbingan Ibadah Haji ini dilaksanakan oleh KBIH "BRYAN MAKKAH", sebagai wujud pelayanan kepada jama'ah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji secara baik dan benar, tentu saja dengan harapan haji yang mabrur. Keenam: Bimbingan Keagamaan. Pertama: Yasinan diselenggarakan pada setiap hari Senin malam Selasa dengan ritual pembacaan surat yasin. Kedua: Fatihahan dilaksanakan pada malam Jum'at yakni tepatnya tengah malam. Ketiga: Asmaul Husna dilaksanakan setiap malam bulan pumama. 2. Bidang Pendidikan. Pertama: TPQ (Taman Pendidikan Al Qur'an) diselenggarakan setiap hari pada waktu sore hari setelah shalat ashar kecuali hari Ahad. Kedua: AIEC (Al-Jihad improvement education center). menyelenggarakan dua programnya yaitu: pertama: Kursus bahasa lnggris. Kedua: Bimbingan belajar. 3. Bidang Sosial di wujudkan dalam bentuk. Pertama: Panti asuhan yatim piatu dan anak asuh. Kedua: Pelayanan umum melalui pelayanan, pembayaran rekening listrik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budianto, Arif--A02305020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.--195904061987031004
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah Pondok Pesantren; Pondok Pesantren Al Jihad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2019 08:14
Last Modified: 09 Dec 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36270

Actions (login required)

View Item View Item