KH. Moch Said Hamdan: studi tentang perananannya dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al Hidayah di Desa Tarik Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur 1984-2011

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuryati, Eni (2012) KH. Moch Said Hamdan: studi tentang perananannya dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al Hidayah di Desa Tarik Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur 1984-2011. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eni Nuryati_A02207008.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36280

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah apa yang melatarbelakangi sejarah pondok pesantren, dan bagaimana kegiatan para santri dalam kesehariannya di pondok pesantren. Bagaimana peran kyai Said dalam mengembangkan pondok pesantren danjuga interaksi kyai dengan masyarakat. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan sejarah secara kritis sebagai peninggalan pada masa lampau. Teori yang penulis gunakan adalah teori peran, yang bisa dianalogikan dengan pembawaan lakon oleh seorang pelaku dalam panggung sandiwara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren Al Hidayah berdiri pada tahun 1984. Pondok pesantren Al Hidayah merupakan pondok pesantren pertama di desa Tarik. KH Said Hamdan sebagai pendiri sekaligus pengasuh pertama clapat mengembangkan pondok pesantren tidak hanya melalui pendidikan agama, tetapi beliau juga berperan dalam mengembangkan pendidikan buat masyarakat sekitar, seperti terciptanya kesatuan kegiatan keagamaan diantaranya terbinanya majelis taklim, kelompok banjari yang diikuti terintegrasi antara santri dan masyarakat, dengan dilakukan setiap sebulan sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuryati, Eni--A02207008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaid, Imam Ghazali--196002121990031002
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pesantren
Keywords: KH. Moch Said Hamdan; sejarah Pondok Pesantren Al Hidayah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2019 07:32
Last Modified: 10 Dec 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36280

Actions (login required)

View Item View Item