Efektifitas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs. Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamilah, Jamilah (2010) Efektifitas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs. Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jamilah_D51206365.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36292

Abstract

Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun yang sudah dicanangkan pemerintah, belum sepenuhnya bisa dikatakan tuntas. Salah satu faktir penyebabnya adalah banyaknya anak usia sekolah yang tidak mampu menuntaskan pendidikan dasar akibat dana pendidikan yang tidak mampu mereka penuhi. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk menuntaskan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahwt adalah dengan melaksanakan Program Penggurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM) Bidang Pendidikan. PKPS-BBM Bidang Pendidikan diberikan dalam bentuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk seluruh SD/Ml/SDLB/SMP/MTs/SMPLB. Tujuan dari penelitian ini adalah (l) Untuk mengetahui apakah dana BOS yang diberikan pemerintah kepada MTs. Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik sudah sesuai sasaran. (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pendidikan agama islam di MTs. Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik. (3) Untuk mengetahui apakah efektif bantuan operasional sekolah atau BOS terhadap pendidikan agama islam di MTs. Manbaul Ulum Mojopurogede Bungah Gresik. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menemukan efektif atau tidaknya antara variabel x dan variabel y. Sedangkao pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah study deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Tehnik analisa data untuk mengetahui variabel x dan variabel y menggunakan rumus prosentase dan mean atau nilai rata -rata. Sedangkan untuk mengetahui efektif atau tidaknya variabel x dan y, peneliti menggunakan rumus product moment yang kemudian hasilnya di konsultasikan pada tabel product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase pelaksanaan batuan operasional sekolah menunjukkan 73 o/o, yang jika di tafsirkan dengan hasil standart berarti "cukup baik"dan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai rata-rata menunjukkan angka 7,27. atau 7. yang termasuk kategori "cukup baik" sedangkan dari hasil analisis yang diketahui sebagai berikut karena hasil perhitungan ''r" product moment lebih kecil dari kritik "r" 5% = 0,568, I% = 0,590 dengan besar "r" 0,001, maka hipotesa kerja (Ha) di tolak, Hipotesa nihil (Ho) di terima yang menyatakan tidak efektif bantuan operasional sekolah (bos) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam (pai). Karena korelasi antara variabel x dan y sangat lemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamilah, Jamilah--D51206365
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Bantuan Operasional Sekolah; BOS; hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:05
Last Modified: 12 Dec 2019 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36292

Actions (login required)

View Item View Item