Efektifitas pengunaan media pembelajaran scbagai sarana dalam peningkatkan kualitas proses belajar mengajar di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Putra Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syam, Aliddin (2009) Efektifitas pengunaan media pembelajaran scbagai sarana dalam peningkatkan kualitas proses belajar mengajar di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Putra Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliddin Syam_D51206202.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36293

Abstract

Dalam proses belajar mengajar kehadiran media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting. Suatu kenyataaan yang tidak dapat dipungkiri bahwa media pembelajaran itu membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan dari bahan pelajaran yang diberikan guru kepada anak didiknya. Guru menyadari bahwa tanpa bantuan media pembelajaran materi pelajaran akan sulit dicerna dan dipahami oleh setiap anak didik, terutama bahan pelajaran yang rumit dan kompleks. Fokus masalah yang ditiliti dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana penggunaan media pembelajaran di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Putra Sukorejo Banyuputih Situbondo? (2). Bagaimana efektifitas pengunaan media pembelajaran dalam meningkatkan proses belajara mengajar di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Putra Sukorejo Banyuputih Situbondo? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, digunakan pendekatan kualitatit: sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari wawancara,observasi, dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: 1). Penggunaan media pembelajaran (media pendengaran dan penglihatan) masih sangat minim sekali. Hal ini dikarenakan guru kesulitan memindah jenis media ini ke dalam kelas di samping itu mereka kesulitan mendapatkan kaset VCDNideo yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. 2). Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan proses belajar mengajar di MTs. Salafiyah Syafi' iyah putra tidak efektif dan tidak optimal karena media yang tersedia sangat tidak cukup secara kesel uruhan. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, semoga dapat memperbaiki dan kekurang khususnya lembaga MTs Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo menujuk lembaga yang berkualitas sesuai denga visi dam misi yang sangat dibanggakan. Dan kepada segenap peneliti yang sejenis dengan penelitian ini untuk mengadakan penelitian dalam fokus masalah problimatika serta sulosinya yang sesuai dengan zaman yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syam, Aliddin--D51206202
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuazni, Muazni----
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pembelajaran; sarana belajar; proses belajar mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:23
Last Modified: 12 Dec 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36293

Actions (login required)

View Item View Item