Implementasi Blended Learning dalam pembelajaran PAI: studi kasus di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiruddin, Ahmad (2019) Implementasi Blended Learning dalam pembelajaran PAI: studi kasus di SMP Negeri 13 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Khoiruddin_ F02317057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kecanggihan teknologi yang tidak dapat dihindari, terutama handphone yang semakin mudah dijangkau oleh semua kalangan serta kemudahan mengakses dunia maya, termasuk kalangan pelajar yang sulit dipisahkan dengan gadget mereka. Fenomena tersebut menuntut kita sebagi guru ataupun calon guru (terlebih PAI) untuk senantiasa berinovasi. Satu cara yang bisa dilakukan tanpa harus meminta peserta didik menjauhi handphone-nya yaitu mengimplementasikan blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konten media pembelajaran daring, serta untuk mengetahui pelaksanaan metode Blended Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) konten media pembelajaran daring mampu menambah antusiasme belajar PAI bagi peserta didik, dengan fitur yang tergolong lengkap, terdiri dari materi, video, gambar, soal latihan, pembahasan, serta fitur chat; 2) Pelaksanaan model pembelajaran blended learning di SMP Negeri 13 Surabaya dapat peneliti katakan berlangsung dengan baik, karena dengan menggunakan model pembelajaran ini peneliti melihat bahwa hampir semua siswa sangat antusias dan menikmati pembelajaran saat jam pelajaran berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiruddin, Ahmadpalung.good@gmail.comF02317057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com197312272005012003
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoiruddin Ahmad
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:15
Last Modified: 16 Dec 2019 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36300

Actions (login required)

View Item View Item