Implementasi sistem bagi hasil ternak Sapi ditinjau dengan Akad Mudharabah: studi kasus kelompok ternak di Dsn. Pilanggot Ds. Wonokromo Kec. Tikung Kab. Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Ahmad Saiful (2019) Implementasi sistem bagi hasil ternak Sapi ditinjau dengan Akad Mudharabah: studi kasus kelompok ternak di Dsn. Pilanggot Ds. Wonokromo Kec. Tikung Kab. Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Saiful Umam_G04215003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Sistem Bagi Hasil Ternak Sapi Ditinjau dengan Akad Mudharabah (Studi Kasus Kelompok Ternak di Dusun Pilanggot Desa Wonokromo Kec. Tikung Kab. Lamongan)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) bagaimana pelaksanaan sistem bagi hasil ternak sapi pada kelompok ternak di Dusun Pilanggot, dan (2) apakah praktik bagi hasil ternak sapi tersebut sudah sesuai dengan sistem mud}harabah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi dengan cara mengamati langsung di Dusun Pilanggot, selanjutnya dengan wawancara sebagai pendukung guna melengkapi informasi penelitian, serta dengan dokumentasi dan studi kepustakaan untuk melengkapi data dan teori. Teknik analisis data dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data berdasarkan hasil wawancara yang kemudian peneliti tarik kesimpulan dengan pola pikir deduktif yakni berangkat dari teori mudharabah kemudian difokuskan pada praktik bagi hasil yang dilakukan di Dusun Pilanggot. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) kelompok ternak di Dusun Pilanggot menggunakan akad mudharabah yakni akad masih berupa lisan, modal yang disertakan berupa uang dan sapi, resiko kerugian belum dijelaskan secara detail, bagi hasil masing masing dibagikan sesuai kesepakatan awal dan penjualan dilakukan jika kondisi sapi sudah siap untuk dijual dan menjadi tanda berakhirnya kerjasama, (2) bagi hasil ternak sapi kelompok ternak di Dusun Pilanggot menggunakan sistem akad mudharabah di nilai dari rukun, syarat, prinsip, dan sistem yang sesuai dengan mudharabah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi anggota kelompok ternak yang melakukan bagi hasil untuk membuat perjanjian tertulis yang menjelaskan syarat dan ketentuan tertentu seperti pembagian hasil, tanggungan dan resiko bila terjadi kerugian sehingga akad kerjasama dengan konsep mudharabah ini membawa manfaat dan berkah bagi kelompok ternak di Dusun Pilanggot.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Ahmad Saifulahmad.saifulumam8@gmail.comG04215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id196303271999032001
Subjects: Bagi Hasil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umam Ahmad Saiful
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:53
Last Modified: 17 Feb 2020 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36320

Actions (login required)

View Item View Item